Senin, 23 Januari 2023

PLUS PMM AWAL TAHUN 2023

PLUS PMM AWAL TAHUN 2023 

TOPIK KE 12 = 9. Rapor Pendidikan Sebagai Sumber Data Perencanaan

https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/daftar-topik

https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/topik/27

SHARE TERAKHIR SEBELUMNYA =


REHAT 22012023/DATA/DATA DINAS/PMM/POST TEST/

REHAT 22012023/DATA/DATA DINAS/PMM/POST TEST/MATERI KUNCI TEST PMM 2022 TQ PLUS.docx

728012

REHAT 22012023/DATA/DATA DINAS/PMM/POST TEST/MATERI KUNCI TEST PMM 2022 TQ PLUS.pdf

1960218

Pelatihan Mandiri IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka)

Topik Aksi Nyata

1.     Merdeka Belajar Tentang pandangan Ki Hadjar Dewantara mengenai pendidikan yang memerdekakan serta contoh penerapannya. 5 modul

Praktikkan Aksi Nyata

2.     Kurikulum Merdeka Membahas bagaimana semua pihak harus menempatkan kepentingan murid sebagai rujukan pengembangan kurikulum. 2 modul 

Praktikkan Aksi Nyata

3.     Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B Membahas proses perencanaan pembelajaran mulai dari dokumen Capaian Pembelajaran sampai modul ajar. 3 modul

Praktikkan Aksi Nyata

4.     Asesmen SMP - SMA/SMK/ Paket B - C Tentang prinsip asesmen yang berpusat pada murid, pelaksanaan, serta cara menggunakan hasilnya. 3 modul

Praktikkan Aksi Nyata

5.     Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP/ Paket B

Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan melalui kegiatan Projek untuk melihat ketercapaian kompetensi holisitik para murid. 7 modul

Menunggu hasil validasi

6.     Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SMP - SMA/ Paket B-C  

Tentang bagaimana mengimplementasikan konsep pembelajaran sesuai tahap capaian murid. 3 modul

Praktikkan Aksi Nyata

7.     Profil Pelajar Pancasila

Tentang ke-6 dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila dan imlementasinya dalam pembelajaran 8 modul

Praktikkan Aksi Nyata

8.     Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan

Perencanaan Berbasis Data mendorong satuan pendidikan dalam melakukan perencanaan untuk memperbaiki diri berdasarkan fakta. 2 modul

Praktikkan Aksi Nyata

9.     Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan

Rapor Pendidikan adalah alat bantu dan sumber data utama dalam melakukan perencanaan berbasis data bagi satuan pendidikan.2 modul

10.  Refleksi Diri

Berlatih menjadi pendidik yang juga pemelajar. 4 modul

Praktikkan Aksi Nyata

11.  Disiplin Positif

Tentang menstimulasi disiplin diri pada murid berlandaskan motivasi internal. 4 modul

Praktikkan Aksi Nyata

12.  Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka [Kemitraan dengan HP Indonesia dan V&V Communications]

Semangat Guru 2 adalah program pengembangan keterampilan non-teknis pendukung implementasi Kurikulum Merdeka. 3 modul

Praktikkan Aksi Nyata


Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan

https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/topik/27

Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan

Link = https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/topik/27

Modul Pelatihan = 2

Modul 1 Mengenal Rapor Pendidikan  ( 4 materi)

Modul 2 Pendalaman Rapor Pendidikan (3 materi)

Aksi Nyata = 2 pilihan Aksi Nyata

Sertifikat = Kumpulkan lembar Aksi Nyata Anda agar dapat divalidasi dan berkesempatan memperoleh sertifikat

Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan

Satuan pendidikan telah memiliki Rapor Pendidikan sebagai alat bantu untuk melakukan perencanaan yang lebih matang dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Kali ini, Kemendikbudristek mengajak Anda untuk mengenal dan mendalami Rapor Pendidikan yang memiliki keistimewaan di tiap jenjangnya. Topik ini akan membahas hal-hal dasar mengenai apa itu Rapor Pendidikan, bagaimana memaknainya, serta memanfaatkannya untuk melakukan proses perencanaan di satuan pendidikan masing-masing.

 

TOPIK

Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan

Modul 1 Mengenal Rapor Pendidikan  ( 4 materi)

Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Tim ahli GTK Kemdikbudristek

1.     Latar Belakang Rapor Pendidikan

Latar Belakang Rapor Pendidikan

Klik video = https://youtu.be/Afqxoz12Jp8

Latihan Pemahaman

Latihan Pemahaman : Apa tantangan yang dihadapi oleh kepala satuan pendidikan dalam mengembangkan layanan pendidikan di satuan pendidikannya yang dibahas pada video ini?

A. Pedoman acuan pembangunan infrastruktur yang perlu dibangun kembali

B. Pedoman acuan dalam merancang program peningkatan kualitas capaian, mutu, dan layanan

C. Pedoman acuan penggunaan teknologi dalam pembelajaran

D. Pedoman dalam mengelola sumber daya manusia

Jawab : B

CERITA REFLEKTIF

Cerita Reflektif : Sebelum hadirnya Rapor Pendidikan, alat bantu atau sumber informasi apa saja yang Anda manfaatkan untuk memahami kondisi satuan pendidikan yang sebenarnya?

Jawab : Beberapa hal yang dapat kami jadikan bahan untuk memahami kondisi satuan pendidikan adalah hasil Evaluasi Diri Sekolah (EDS), dimana temuan tersebut sebagai tolok ukur perbaikan pada tahun berikutnya. Hal lainnya adalah hasil Ujian Sekolah dan lain sebagainya untuk perbaikan mutu lulusan Satuan Pendidikan.

 

2.     Fungsi Rapor Pendidikan

Fungsi Rapor Pendidikan

Klik video = https://youtu.be/FJlAsAjhldc

Latihan Pemahaman

Latihan Pemahaman : Apakah nama platform yang digunakan untuk melihat hasil Asesmen Nasional?

A. Profil Pendidikan

B. Rapor Pendidikan

C. Platform Merdeka Mengajar

D. Pelajar Pancasila

Jawab : B

CERITA REFLEKTIF

Cerita Reflektif : Apa fungsi dan manfaat yang Anda rasa paling penting tentang Rapor Pendidikan untuk satuan pendidikan Anda?

Jawab : Rapor Pendidikan digunakan untuk memperbaiki mutu pendidikan satuan pendidikan.

 

3.     Platform Rapor Pendidikan Dikdasmen

Platform Rapor Pendidikan Dikdasmen

Klik video = https://youtu.be/OTvvxtslPBQ

Latihan Pemahaman

Latihan Pemahaman : Saat ini, Platform Rapor Pendidikan dapat diakses dengan menggunakan akun . . . yang sudah aktif.

A. Gmail pribadi

B. Yahoo

C. Guru.belajar.id

D. Admin.belajar.id

Jawab : D

CERITA REFLEKTIF

Cerita Reflektif : Bagaimana Anda memanfaatkan Rapor Pendidikan nantinya bagi satuan pendidikan?

Jawab : Satuan Pendidikan dapat menggunakan Rapor Pendidikan sebagai landasan untuk peningkatan mutu layanan pendidikan.

 

4.     Dimensi Rapor Pendidikan Dikdasmen

Dimensi Rapor Pendidikan Dikdasmen

Klik video = https://youtu.be/lyPCql-eZUI

Latihan Pemahaman

Latihan Pemahaman : Terdapat lima dimensi dalam Rapor Pendidikan untuk satuan pendidikan pada jenjang Dikdasmen.

Jawab :

A. Benar

B. Salah

CERITA REFLEKTIF

Cerita Reflektif : Berdasarkan struktur profil pendidikan yang telah dijelaskan, bagaimana Anda memaknai dimensi tersebut di satuan pendidikan Anda?

Jawab : Saya maknai dimensi rapor pendidikan yang dimulai dari input, proses dan output untuk diketahui sumber daya manusia & sekolah yang sesungguhnya, sehingga akan menghasilkan relevansi pembelajaran dan pemerataan pendidikan yang bermutu

Post Test

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan Modul 1

1. Untuk mendapatkan laporan Rapor Pendidikan, maka laman yang perlu dikunjungi pada platform Rapor Pendidikan adalah...

A. Beranda

B. Glosarium

C. Tindak Lanjut 

D. Pusat bantuan

 

2. Profil Satuan Pendidikan di jenjang Dikdasmen terdiri dari :

1. Mutu dan relevansi hasil belajar peserta didik

2. Pemerataan pendidikan yang bermutu

3. Mutu dan relevansi pembelajaran

4. Kompetensi dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan

5. Pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan, dan akuntabel

Dari pernyataan di atas, yang termasuk pada komponen input ditunjukkan oleh nomor...

A. 1 dan 3

B. 3 dan 5

C. 1 dan 2

D. 4 dan 5

 

3. Profil Satuan Pendidikan terdiri dari :

1. Mutu dan relevansi hasil belajar peserta didik

2. Pemerataan pendidikan yang bermutu

3. Mutu dan relevansi pembelajaran

4. Kompetensi dan kinerja PTK

5. Pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan, dan akuntabel.

Dari pernyataan di atas, yang termasuk pada komponen proses ditunjukkan oleh nomor...

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

 

4. Dimensi yang tidak terdapat dalam Rapor Pendidikan satuan pendidikan pada jenjang Dikdasmen adalah...

A. Mutu dan relevansi hasil belajar

B. Pemerataan pendidikan yang bermutu

C. Kompetensi dan kinerja guru dan tenaga kependidikan 

D. Mutu dan relevansi pembelajaran

 

5. Berikut adalah proses yang terkait dengan dimensi mutu dan relevansi pembelajaran :

A. Proses belajar peserta didik

B. Proses pengelolaan anggaran

C. Proses penilaian kinerja guru

D. Proses pemerataan jumlah guru

 

6. Pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan dan akuntabel dapat dicapai dengan cara :

A. Melibatkan kepala sekolah dan guru dalam menyusun perencanaan peningkatan mutu

B. Meningkatkan jumlah sarana dan prasarana sekolah

C. Melibatkan semua warga sekolah untuk berpartisipasi dalam peningkatan mutu

D. Melibatkan beberapa warga sekolah yang sesuai dengan pertimbangan kepala sekolah

 

7. Apa peran Rapor Pendidikan bagi satuan pendidikan ?

A. Sebagai alat perangkingan antara satuan pendidikan dan satuan pendidikan lainnya

B. Sebagai dokumen administrasi tambahan yang perlu diisi

C. Sebagai alat bantu dalam mencari kesalahan

D. Sebagai alat bantu dalam peningkatan dan perbaikan mutu layanan pendidikan 

 

8. Manakah pernyataan berikut yang kurang tepat mengenai Rapor Pendidikan?

A. Rapor Pendidikan sebagai sumber utama dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan mutu pendidikan

B. Rapor Pendidikan bukan untuk menghukum dan mencari siapa yang salah

C. Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk menegur satuan pendidikan dan daerah

D. Rapor Pendidikan bukan sebagai tambahan beban dokumen administrasi

 

9. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:

1. Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai alat perbandingan tentang capaian dari berbagai satuan pendidikan

2. Rapor Pendidikan akan didiskusikan secara konstruktif dengan warga sekolah untuk membenahi mutu pendidikan

3. Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai alat untuk mencari akar permasalahan di satuan pendidikan

4. Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk memberikan peringatan kepada satuan dan daerah.

Manakah yang perlu Anda perhatikan jika satuan pendidikan Anda akan menggunakan Rapor Pendidikan?

A. 1 dan 4

B. 2 dan 3

C. 3 dan 1 

D. 4 dan 2

 

10. Apakah fungsi utama Rapor Pendidikan bagi satuan pendidikan?

A. Sebagai bahan ujian untuk peserta didik

B. Sebagai sumber data utama, obyektif dan terintegrasi bagi satuan pendidikan

C. Sebagai materi untuk meningkatkan kualitas guru

D. Sebagai materi diskusi

 

11. Mengapa satuan pendidikan perlu menggunakan Rapor Pendidikan dalam kegiatan perencanaan dan penganggaran?

A. Karena Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk menghakimi satuan pendidikan

B. Karena Rapor Pendidikan menyajikan sumber data yang objektif sehingga dapat membantu menentukan kegiatan yang tepat dan berdampak besar

C. Karena Rapor Pendidikan memberikan pemahaman yang komprehensif terkait kondisi daerah di sekitar satuan pendidikan

D. Karena Rapor Pendidikan merupakan media komunikasi yang ideal bagi satuan pendidikan dan peserta didik

 

12. Apakah manfaat Rapor Pendidikan dalam sistem administrasi dan pengelolaan data di satuan pendidikan?

A. Mempermudah pengukuran dan evaluasi hasil belajar peserta didik 

B. Meringankan beban orang tua siswa

C. Meringankan beban administrasi melalui penyajian data yang terintegrasi

D. Sebagai media komunikasi antara pihak satuan pendidikan dengan publik

 

TOPIK

Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan

Modul 2 Pendalaman Rapor Pendidikan (3 materi)

Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Tim ahli GTK Kemdikbudristek

 

1.     Refleksi Profil Satuan Pendidikan

Refleksi Profil Satuan Pendidikan

Klik video = https://youtu.be/bW7q6VTFaqQ

Latihan Pemahaman

Latihan Pemahaman : Apa peran Rapor Pendidikan bagi satuan pendidikan?

A. Sebagai alat pembanding dengan satuan pendidikan dan dinas pendidikan lainnya

B. Sebagai tambahan beban dokumen administrasi

C. Sebagai alat bantu dalam mencari siapa yang salah

D. Sebagai alat bantu dalam peningkatan dan perbaikan capaian, mutu, dan layanan pendidikan

Jawab : D

CERITA REFLEKTIF

Cerita Reflektif : Langkah pertama apa yang Anda akan lakukan ketika membaca profil mengenai satuan pendidikan Anda?

Jawab : Pertama, menemukan sumber masalah. Dengan cara tersebut akan diketahui mutu pendidikan yang belum tercapai, sehingga data tersebut akan digunakan sebagai bahan refleksi satuan pendidikan.

 

2.     Memaknai Laporan Rapor Pendidikan Dikdasmen

Memaknai Laporan Rapor Pendidikan Dikdasmen

Klik video = https://youtu.be/-bVAXQQqye8

Latihan Pemahaman

Latihan Pemahaman : Proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh input sumber daya manusia dan sumber daya sekolah yang ada.

A. Benar

B. Salah

Jawab : A

 

CERITA REFLEKTIF

Cerita Reflektif : Ceritakan informasi penting apa saja yang akan Anda cari mengenai satuan pendidikan melalui Laporan Rapor Pendidikan?

Jawab : Laporan Rapor Pendidikan menampilan seluruh capaian mutu satuan pendidikan. Dimana satuan pendidikan tidak hanya melihat capaian mutu yang mencapai titik sangat baik, namun juga capaian yang kurang baik.

 

3.     Mendalami Indikator Prioritas Dikdasmen

Mendalami Indikator Prioritas Dikdasmen

Klik video = https://youtu.be/zFqjMJuchoo

Latihan Pemahaman

Latihan Pemahaman : Di bawah ini, yang tidak termasuk indikator prioritas adalah..

A. Kemampuan Literasi dan Kemampuan Numerasi

B. Indeks Karakter

C. Kualitas Pembelajaran

D. Iklim Kebhinekaan

Jawab : C

CERITA REFLEKTIF

Cerita Reflektif : Berdasarkan indikator prioritas yang telah dijelaskan, apakah Anda pernah memperhatikannya? Jika ya, hal-hal apa saja yang sudah pernah Anda lakukan sebelumnya untuk mengembangkan layanan tersebut di satuan pendidikan Anda?

Jawab : Kualitas mutu pembelajaran terus kami tingkatkan, hal tersebut tentunya searah dengan hasil belajar murid, terutama dalam kompetensi fondasi seperti literasi, numerasi dan karakter yang akan diraih.

 

Post Test

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan Modul 2

 

1. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :

1. Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai alat perbandingan tentang capaian dari berbagai satuan pendidikan

2. Rapor Pendidikan sebagai instrumen refleksi untuk mencari akar permasalahan di satuan pendidikan

3. Rapor Pendidikan mempermudah proses administrasi

4. Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk memberikan peringatan kepada satuan dan daerah.

Manakah pernyataan yang benar?

A. 1 dan 4

B. 2 dan 3

C. 3 dan 1

D. 4 dan 2

 

2. Apa kebijakan yang harus dilakukan ketika menemukan indikator yang belum tercapai pada Rapor Pendidikan?

A. Berusaha mengubah data

B. Fokus kepada solusi perbaikan

C. Menyalahkan diri SALAH

D. Mengajukan keluhan kepada dinas pusat

 

3. Manakah pernyataan berikut yang kurang tepat mengenai Rapor Pendidikan?

A. Rapor Pendidikan mengidentifikasi akar permasalahan

B. Rapor Pendidikan sebagai instrumen refleksi

C. Rapor Pendidikan digunakan untuk menilai dan membandingkan kualitas sekolah

D. Rapor Pendidikan mempermudah proses administrasi

 

4. Untuk mengetahui posisi capaian mutu indikator pada satuan, dalam Rapor Pendidikan juga disajikan capaian mutu pada satuan pendidikan lain yang serupa yang memiliki :

A. Karakteristik lokasi, dan sosial ekonomi peserta didik yang mirip dengan satuan pendidikan

B. Karakteristik jumlah peserta didik yang mirip dengan satuan pendidikan

C. Karakteristik pemerintah daerah yang mirip

D. Karakteristik guru dan tenaga kependidikan yang mirip dengan satuan pendidikan

 

5. Berikut yang tidak menjadi aspek yang perlu dicermati dalam membaca Rapor Pendidikan adalah...

A. Spektrum warna

B. Label

C. Skor

D. Ukuran

 

6. Terdapat label untuk mengetahui capaian pada indikator nilai uji kompetensi guru, yaitu...

A. Baik, cukup, kurang

B. Benar, cukup, Salah

C. Mahir, cakap, merintis, membudaya

D. Mahir, cakap, mendasar, perlu intervensi

 

7. Toleransi, perasaan diterima atas perbedaan yang ada, merupakan salah satu faktor pendukung dalam keseluruhan iklim pembelajaran.

Penjelasan di atas merupakan rasionalisasi dari indikator prioritas...

A. Iklim Kebhinekaan

B. Iklim Keamanan

C. Iklim Ketertiban

D. Indeks Kararter

 

8. Apakah satuan pendidikan perlu memperhatikan indikator prioritas dalam Rapor Pendidikan?

A. Ya, karena indikator lain selain indikator prioritas tidak perlu dibenahi

B. Ya, karena satuan pendidikan memiliki sumber daya yang terbatas sehingga perlu mengalokasikannya pada indikator prioritas terlebih dahulu

C. Tidak, karena semua indikator sama pentingnya

D. Tidak, karena satuan pendidikan dapat membenahi semua masalah sekaligus

 

9. Indikator prioritas dalam Rapor Pendidikan erat kaitannya dengan kebijakan “Merdeka Belajar” karena sekolah didorong untuk...

A. Berpihak pada murid

B. Mengembangkan budaya refleksi

C. Menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan dan inklusif

D Semua benar

 

Pilih Aksi Nyata = 2 pilihan Aksi Nyata

Untuk Topik: Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan

1.     Melakukan Refleksi Bersama Rekan Guru tentang Profil Pendidikan [Kepala Sekolah]

2.     Melakukan Refleksi Pribadi tentang Profil Pendidikan [Guru]

 

Sumber =  https://www.sinau-thewe.com/

Sinau-Thewe.com sediakan referensi Soal & Jawaban Pelatihan Mandiri Seluruh Topik dan Modul.

https://www.sinau-thewe.com/2022/06/jawaban-pelatihan-mandiri-ikm.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar