PLUS PMM AWAL TAHUN 2023
TOPIK KE 12 = 9. Rapor Pendidikan Sebagai Sumber Data Perencanaan
https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/daftar-topik
https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/topik/27
SHARE TERAKHIR SEBELUMNYA =
REHAT 22012023/DATA/DATA DINAS/PMM/POST TEST/ | |
REHAT 22012023/DATA/DATA DINAS/PMM/POST TEST/MATERI KUNCI TEST PMM 2022 TQ PLUS.docx | 728012 |
REHAT 22012023/DATA/DATA DINAS/PMM/POST TEST/MATERI KUNCI TEST PMM 2022 TQ PLUS.pdf | 1960218 |
Pelatihan Mandiri
IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka)
1. Merdeka Belajar Tentang pandangan Ki Hadjar Dewantara mengenai pendidikan yang memerdekakan serta contoh penerapannya. 5 modul
Praktikkan Aksi Nyata
2. Kurikulum Merdeka Membahas bagaimana semua pihak harus menempatkan kepentingan murid sebagai rujukan pengembangan kurikulum. 2 modul
Praktikkan Aksi Nyata
3. Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B Membahas proses perencanaan pembelajaran mulai dari dokumen Capaian Pembelajaran sampai modul ajar. 3 modul
Praktikkan Aksi Nyata
4. Asesmen SMP - SMA/SMK/ Paket B - C Tentang prinsip asesmen yang berpusat pada murid, pelaksanaan, serta cara menggunakan hasilnya. 3 modul
Praktikkan Aksi Nyata
5. Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP/ Paket B
Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan melalui kegiatan Projek untuk melihat ketercapaian kompetensi holisitik para murid. 7 modul
Menunggu hasil validasi
6. Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SMP - SMA/ Paket B-C
Tentang bagaimana mengimplementasikan konsep pembelajaran sesuai tahap capaian murid. 3 modul
Praktikkan Aksi Nyata
Tentang ke-6 dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila dan imlementasinya dalam pembelajaran 8 modul
Praktikkan Aksi Nyata
8. Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan
Perencanaan Berbasis Data mendorong satuan pendidikan dalam melakukan perencanaan untuk memperbaiki diri berdasarkan fakta. 2 modul
Praktikkan Aksi Nyata
9. Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan
Rapor Pendidikan adalah alat bantu dan sumber data utama dalam melakukan perencanaan berbasis data bagi satuan pendidikan.2 modul
10. Refleksi Diri
Berlatih menjadi pendidik yang juga pemelajar. 4 modul
Praktikkan Aksi Nyata
11. Disiplin Positif
Tentang menstimulasi disiplin diri pada murid berlandaskan motivasi internal. 4 modul
Praktikkan Aksi Nyata
Semangat Guru 2 adalah program pengembangan keterampilan non-teknis pendukung implementasi Kurikulum Merdeka. 3 modul
Praktikkan Aksi Nyata
Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan
https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/topik/27
Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data
Perencanaan
Link = https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/topik/27
Modul Pelatihan = 2
Modul 1 Mengenal
Rapor Pendidikan ( 4 materi)
Modul 2 Pendalaman
Rapor Pendidikan (3 materi)
Aksi Nyata = 2 pilihan Aksi Nyata
Sertifikat = Kumpulkan lembar Aksi
Nyata Anda agar dapat divalidasi dan berkesempatan memperoleh sertifikat
Rapor
Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan
Satuan pendidikan telah memiliki Rapor
Pendidikan sebagai alat bantu untuk melakukan perencanaan yang lebih matang
dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Kali ini, Kemendikbudristek mengajak
Anda untuk mengenal dan mendalami Rapor Pendidikan yang memiliki keistimewaan
di tiap jenjangnya. Topik ini akan membahas hal-hal dasar mengenai apa itu
Rapor Pendidikan, bagaimana memaknainya, serta memanfaatkannya untuk melakukan
proses perencanaan di satuan pendidikan masing-masing.
TOPIK
Rapor Pendidikan
sebagai Sumber Data Perencanaan
Modul 1 Mengenal
Rapor Pendidikan ( 4 materi)
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan Teknologi
Tim ahli
GTK Kemdikbudristek
1. Latar
Belakang Rapor Pendidikan
Latar Belakang Rapor Pendidikan
Klik
video = https://youtu.be/Afqxoz12Jp8
Latihan
Pemahaman : Apa tantangan yang dihadapi oleh kepala satuan pendidikan dalam
mengembangkan layanan pendidikan di satuan pendidikannya yang dibahas pada
video ini?
A.
Pedoman acuan pembangunan infrastruktur yang perlu dibangun kembali
B. Pedoman acuan dalam merancang
program peningkatan kualitas capaian, mutu, dan layanan
C.
Pedoman acuan penggunaan teknologi dalam pembelajaran
D.
Pedoman dalam mengelola sumber daya manusia
Jawab : B
CERITA REFLEKTIF
Cerita
Reflektif : Sebelum hadirnya Rapor Pendidikan, alat bantu atau sumber informasi
apa saja yang Anda manfaatkan untuk memahami kondisi satuan pendidikan yang
sebenarnya?
Jawab : Beberapa hal yang dapat kami
jadikan bahan untuk memahami kondisi satuan pendidikan adalah hasil Evaluasi
Diri Sekolah (EDS), dimana temuan tersebut sebagai tolok ukur perbaikan pada
tahun berikutnya. Hal lainnya adalah hasil Ujian Sekolah dan lain sebagainya
untuk perbaikan mutu lulusan Satuan Pendidikan.
2. Fungsi
Rapor Pendidikan
Klik
video = https://youtu.be/FJlAsAjhldc
Latihan Pemahaman : Apakah
nama platform yang digunakan untuk melihat hasil Asesmen Nasional?
A. Profil Pendidikan
B. Rapor Pendidikan
C. Platform Merdeka Mengajar
D. Pelajar Pancasila
Jawab : B
CERITA REFLEKTIF
Cerita Reflektif : Apa
fungsi dan manfaat yang Anda rasa paling penting tentang Rapor Pendidikan untuk
satuan pendidikan Anda?
Jawab : Rapor Pendidikan digunakan untuk memperbaiki mutu pendidikan satuan
pendidikan.
3. Platform
Rapor Pendidikan Dikdasmen
Platform Rapor Pendidikan Dikdasmen
Klik
video = https://youtu.be/OTvvxtslPBQ
Latihan Pemahaman : Saat ini,
Platform Rapor Pendidikan dapat diakses dengan menggunakan akun . . . yang
sudah aktif.
A. Gmail pribadi
B. Yahoo
C. Guru.belajar.id
D. Admin.belajar.id
Jawab : D
CERITA REFLEKTIF
Cerita Reflektif
: Bagaimana Anda memanfaatkan Rapor Pendidikan nantinya bagi satuan
pendidikan?
Jawab : Satuan Pendidikan dapat menggunakan Rapor Pendidikan sebagai landasan
untuk peningkatan mutu layanan pendidikan.
4. Dimensi
Rapor Pendidikan Dikdasmen
Dimensi Rapor Pendidikan Dikdasmen
Klik
video = https://youtu.be/lyPCql-eZUI
Latihan Pemahaman : Terdapat
lima dimensi dalam Rapor Pendidikan untuk satuan pendidikan pada jenjang
Dikdasmen.
Jawab :
A. Benar
B. Salah
CERITA REFLEKTIF
Cerita Reflektif
: Berdasarkan struktur profil pendidikan yang telah dijelaskan, bagaimana
Anda memaknai dimensi tersebut di satuan pendidikan Anda?
Jawab : Saya maknai dimensi rapor pendidikan yang dimulai dari input, proses
dan output untuk diketahui sumber daya manusia & sekolah yang sesungguhnya,
sehingga akan menghasilkan relevansi pembelajaran dan pemerataan pendidikan
yang bermutu
Post Test
Soal
& Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Rapor Pendidikan sebagai Sumber
Data Perencanaan Modul 1
1.
Untuk mendapatkan laporan Rapor Pendidikan, maka laman yang perlu dikunjungi
pada platform Rapor Pendidikan adalah...
A.
Beranda
B.
Glosarium
C. Tindak Lanjut
D.
Pusat bantuan
2.
Profil Satuan Pendidikan di jenjang Dikdasmen terdiri dari :
1.
Mutu dan relevansi hasil belajar peserta didik
2.
Pemerataan pendidikan yang bermutu
3.
Mutu dan relevansi pembelajaran
4.
Kompetensi dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
5.
Pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan, dan akuntabel
Dari
pernyataan di atas, yang termasuk pada komponen input ditunjukkan oleh nomor...
A.
1 dan 3
B.
3 dan 5
C.
1 dan 2
D. 4 dan 5
3.
Profil Satuan Pendidikan terdiri dari :
1.
Mutu dan relevansi hasil belajar peserta didik
2.
Pemerataan pendidikan yang bermutu
3.
Mutu dan relevansi pembelajaran
4.
Kompetensi dan kinerja PTK
5.
Pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan, dan akuntabel.
Dari
pernyataan di atas, yang termasuk pada komponen proses ditunjukkan oleh
nomor...
A.
1
B.
2
C. 3
D.
4
4.
Dimensi yang tidak terdapat dalam Rapor Pendidikan satuan pendidikan pada jenjang
Dikdasmen adalah...
A.
Mutu dan relevansi hasil belajar
B. Pemerataan
pendidikan yang bermutu
C.
Kompetensi dan kinerja guru dan tenaga kependidikan
D.
Mutu dan relevansi pembelajaran
5.
Berikut adalah proses yang terkait dengan dimensi mutu dan relevansi
pembelajaran :
A. Proses belajar
peserta didik
B.
Proses pengelolaan anggaran
C.
Proses penilaian kinerja guru
D.
Proses pemerataan jumlah guru
6.
Pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan dan akuntabel dapat dicapai
dengan cara :
A.
Melibatkan kepala sekolah dan guru dalam menyusun perencanaan peningkatan mutu
B.
Meningkatkan jumlah sarana dan prasarana sekolah
C. Melibatkan semua
warga sekolah untuk berpartisipasi dalam peningkatan mutu
D.
Melibatkan beberapa warga sekolah yang sesuai dengan pertimbangan kepala
sekolah
7.
Apa peran Rapor Pendidikan bagi satuan pendidikan ?
A. Sebagai alat
perangkingan antara satuan pendidikan dan satuan pendidikan lainnya
B.
Sebagai dokumen administrasi tambahan yang perlu diisi
C.
Sebagai alat bantu dalam mencari kesalahan
D.
Sebagai alat bantu dalam peningkatan dan perbaikan mutu layanan
pendidikan
8.
Manakah pernyataan berikut yang kurang tepat mengenai Rapor Pendidikan?
A.
Rapor Pendidikan sebagai sumber utama dasar analisis, perencanaan, dan tindak
lanjut peningkatan mutu pendidikan
B.
Rapor Pendidikan bukan untuk menghukum dan mencari siapa yang salah
C. Rapor Pendidikan
dapat digunakan untuk menegur satuan pendidikan dan daerah
D.
Rapor Pendidikan bukan sebagai tambahan beban dokumen administrasi
9.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
1.
Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai alat perbandingan tentang capaian dari
berbagai satuan pendidikan
2.
Rapor Pendidikan akan didiskusikan secara konstruktif dengan warga sekolah
untuk membenahi mutu pendidikan
3.
Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai alat untuk mencari akar permasalahan
di satuan pendidikan
4.
Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk memberikan peringatan kepada satuan dan
daerah.
Manakah
yang perlu Anda perhatikan jika satuan pendidikan Anda akan menggunakan Rapor
Pendidikan?
A.
1 dan 4
B. 2 dan 3
C.
3 dan 1
D.
4 dan 2
10.
Apakah fungsi utama Rapor Pendidikan bagi satuan pendidikan?
A.
Sebagai bahan ujian untuk peserta didik
B.
Sebagai sumber data utama, obyektif dan terintegrasi bagi satuan pendidikan
C.
Sebagai materi untuk meningkatkan kualitas guru
D. Sebagai materi
diskusi
11.
Mengapa satuan pendidikan perlu menggunakan Rapor Pendidikan dalam kegiatan
perencanaan dan penganggaran?
A.
Karena Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk menghakimi satuan pendidikan
B. Karena Rapor
Pendidikan menyajikan sumber data yang objektif sehingga dapat membantu
menentukan kegiatan yang tepat dan berdampak besar
C.
Karena Rapor Pendidikan memberikan pemahaman yang komprehensif terkait kondisi
daerah di sekitar satuan pendidikan
D.
Karena Rapor Pendidikan merupakan media komunikasi yang ideal bagi satuan
pendidikan dan peserta didik
12.
Apakah manfaat Rapor Pendidikan dalam sistem administrasi dan pengelolaan data
di satuan pendidikan?
A.
Mempermudah pengukuran dan evaluasi hasil belajar peserta didik
B.
Meringankan beban orang tua siswa
C.
Meringankan beban administrasi melalui penyajian data yang terintegrasi
D. Sebagai media
komunikasi antara pihak satuan pendidikan dengan publik
TOPIK
Rapor Pendidikan
sebagai Sumber Data Perencanaan
Modul 2 Pendalaman
Rapor Pendidikan (3 materi)
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan Teknologi
Tim ahli
GTK Kemdikbudristek
1.
Refleksi Profil Satuan Pendidikan
Refleksi
Profil Satuan Pendidikan
Klik
video = https://youtu.be/bW7q6VTFaqQ
Latihan Pemahaman : Apa peran
Rapor Pendidikan bagi satuan pendidikan?
A. Sebagai alat pembanding
dengan satuan pendidikan dan dinas pendidikan lainnya
B. Sebagai tambahan beban
dokumen administrasi
C. Sebagai alat bantu dalam
mencari siapa yang salah
D. Sebagai alat bantu dalam peningkatan dan perbaikan capaian, mutu,
dan layanan pendidikan
Jawab : D
CERITA
REFLEKTIF
Cerita Reflektif
: Langkah pertama apa yang Anda akan lakukan ketika membaca profil
mengenai satuan pendidikan Anda?
Jawab : Pertama, menemukan sumber
masalah. Dengan cara tersebut akan diketahui mutu pendidikan yang belum
tercapai, sehingga data tersebut akan digunakan sebagai bahan refleksi satuan
pendidikan.
2.
Memaknai Laporan Rapor Pendidikan Dikdasmen
Memaknai
Laporan Rapor Pendidikan Dikdasmen
Klik
video = https://youtu.be/-bVAXQQqye8
Latihan Pemahaman
: Proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh input sumber daya manusia
dan sumber daya sekolah yang ada.
A. Benar
B. Salah
Jawab : A
CERITA
REFLEKTIF
Cerita Reflektif
: Ceritakan informasi penting apa saja yang akan Anda cari mengenai satuan
pendidikan melalui Laporan Rapor Pendidikan?
Jawab : Laporan Rapor Pendidikan menampilan seluruh capaian mutu satuan
pendidikan. Dimana satuan pendidikan tidak hanya melihat capaian mutu yang
mencapai titik sangat baik, namun juga capaian yang kurang baik.
3.
Mendalami Indikator Prioritas Dikdasmen
Mendalami
Indikator Prioritas Dikdasmen
Klik
video = https://youtu.be/zFqjMJuchoo
Latihan Pemahaman : Di bawah
ini, yang tidak termasuk indikator prioritas adalah..
A. Kemampuan Literasi dan
Kemampuan Numerasi
B. Indeks Karakter
C. Kualitas Pembelajaran
D. Iklim Kebhinekaan
Jawab : C
CERITA
REFLEKTIF
Cerita
Reflektif : Berdasarkan indikator prioritas yang telah dijelaskan, apakah
Anda pernah memperhatikannya? Jika ya, hal-hal apa saja yang sudah pernah Anda
lakukan sebelumnya untuk mengembangkan layanan tersebut di satuan pendidikan
Anda?
Jawab : Kualitas mutu pembelajaran terus
kami tingkatkan, hal tersebut tentunya searah dengan hasil belajar murid,
terutama dalam kompetensi fondasi seperti literasi, numerasi dan karakter yang
akan diraih.
Post
Test
Soal
& Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Rapor Pendidikan sebagai Sumber
Data Perencanaan Modul 2
1.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :
1.
Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai alat perbandingan tentang capaian dari
berbagai satuan pendidikan
2.
Rapor Pendidikan sebagai instrumen refleksi untuk mencari akar permasalahan di
satuan pendidikan
3.
Rapor Pendidikan mempermudah proses administrasi
4.
Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk memberikan peringatan kepada satuan dan
daerah.
Manakah
pernyataan yang benar?
A.
1 dan 4
B. 2 dan 3
C.
3 dan 1
D.
4 dan 2
2.
Apa kebijakan yang harus dilakukan ketika menemukan indikator yang belum
tercapai pada Rapor Pendidikan?
A.
Berusaha mengubah data
B. Fokus kepada
solusi perbaikan
C.
Menyalahkan diri SALAH
D.
Mengajukan keluhan kepada dinas pusat
3.
Manakah pernyataan berikut yang kurang tepat mengenai Rapor Pendidikan?
A.
Rapor Pendidikan mengidentifikasi akar permasalahan
B.
Rapor Pendidikan sebagai instrumen refleksi
C. Rapor Pendidikan
digunakan untuk menilai dan membandingkan kualitas sekolah
D.
Rapor Pendidikan mempermudah proses administrasi
4.
Untuk mengetahui posisi capaian mutu indikator pada satuan, dalam Rapor
Pendidikan juga disajikan capaian mutu pada satuan pendidikan lain yang serupa
yang memiliki :
A. Karakteristik
lokasi, dan sosial ekonomi peserta didik yang mirip dengan satuan pendidikan
B.
Karakteristik jumlah peserta didik yang mirip dengan satuan pendidikan
C.
Karakteristik pemerintah daerah yang mirip
D.
Karakteristik guru dan tenaga kependidikan yang mirip dengan satuan pendidikan
5.
Berikut yang tidak menjadi aspek yang perlu dicermati dalam membaca Rapor
Pendidikan adalah...
A.
Spektrum warna
B.
Label
C.
Skor
D. Ukuran
6.
Terdapat label untuk mengetahui capaian pada indikator nilai uji kompetensi
guru, yaitu...
A. Baik, cukup,
kurang
B.
Benar, cukup, Salah
C.
Mahir, cakap, merintis, membudaya
D.
Mahir, cakap, mendasar, perlu intervensi
7.
Toleransi, perasaan diterima atas perbedaan yang ada, merupakan salah satu
faktor pendukung dalam keseluruhan iklim pembelajaran.
Penjelasan
di atas merupakan rasionalisasi dari indikator prioritas...
A. Iklim Kebhinekaan
B.
Iklim Keamanan
C.
Iklim Ketertiban
D.
Indeks Kararter
8.
Apakah satuan pendidikan perlu memperhatikan indikator prioritas dalam Rapor
Pendidikan?
A.
Ya, karena indikator lain selain indikator prioritas tidak perlu dibenahi
B. Ya, karena satuan pendidikan
memiliki sumber daya yang terbatas sehingga perlu mengalokasikannya pada
indikator prioritas terlebih dahulu
C.
Tidak, karena semua indikator sama pentingnya
D.
Tidak, karena satuan pendidikan dapat membenahi semua masalah sekaligus
9.
Indikator prioritas dalam Rapor Pendidikan erat kaitannya dengan kebijakan
“Merdeka Belajar” karena sekolah didorong untuk...
A.
Berpihak pada murid
B.
Mengembangkan budaya refleksi
C.
Menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan dan inklusif
D Semua benar
Pilih
Aksi Nyata = 2 pilihan Aksi Nyata
Untuk
Topik: Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan
1.
Melakukan Refleksi Bersama Rekan Guru tentang Profil
Pendidikan [Kepala Sekolah]
2.
Melakukan Refleksi Pribadi tentang Profil Pendidikan [Guru]
Sumber = https://www.sinau-thewe.com/
Sinau-Thewe.com sediakan referensi Soal & Jawaban Pelatihan Mandiri Seluruh Topik dan Modul.
https://www.sinau-thewe.com/2022/06/jawaban-pelatihan-mandiri-ikm.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar