Kamis, 26 Januari 2023

PLUS LAGI ... TOPIK KE 13 PMIKM (SUDAHLAH)

 Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas

BELUM

 


Pelatihan Mandiri IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka)

INSERT TOPIK KE TENGAH URUTAN SEBELUMNYA   LAGI  JADI KACAU , NIH 

MUNCUL KE 13 MASUK KE URUTAN 10 DARI 12 YANG SUDAH ADA 

Ranah Pelatihan Mandiri

LANGKAH =

https://guru.kemdikbud.go.id/home

https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri


1.     Merdeka Belajar

Tentang pandangan Ki Hadjar Dewantara mengenai pendidikan yang memerdekakan serta contoh penerapannya. 5 modul




Praktikkan Aksi Nyata

2.     Kurikulum Merdeka

Membahas bagaimana semua pihak harus menempatkan kepentingan murid sebagai rujukan pengembangan kurikulum. 2 modul



Praktikkan Aksi Nyata

3.     Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B

Membahas proses perencanaan pembelajaran mulai dari dokumen Capaian Pembelajaran sampai modul ajar. 3 modul



Praktikkan Aksi Nyata

4.     Asesmen SMP - SMA/SMK/ Paket B - C

Tentang prinsip asesmen yang berpusat pada murid, pelaksanaan, serta cara menggunakan hasilnya. 3 modul



Praktikkan Aksi Nyata

5.     Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP/ Paket B

Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan melalui kegiatan Projek untuk melihat ketercapaian kompetensi holisitik para murid. 7 modul



Menunggu hasil validasi

6.     Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SMP - SMA/ Paket B-C

Tentang bagaimana mengimplementasikan konsep pembelajaran sesuai tahap capaian murid. 3 modul



Praktikkan Aksi Nyata

7.     Profil Pelajar Pancasila

Tentang ke-6 dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila dan imlementasinya dalam pembelajaran 8 modul



Praktikkan Aksi Nyata

8.     Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan

Perencanaan Berbasis Data mendorong satuan pendidikan dalam melakukan perencanaan untuk memperbaiki diri berdasarkan fakta. 2 modul



Praktikkan Aksi Nyata

 

 

9.     Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan 

SUDAH  = https://4sharing2u.blogspot.com/2023/01/plus-pmm-awal-tahun-2023.html

Rapor Pendidikan adalah alat bantu dan sumber data utama dalam melakukan perencanaan berbasis data bagi satuan pendidikan. 2 modul



Praktikkan Aksi Nyata

10.  Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas BELUM

Implementasi Perencanaan Berbasis Data dilakukan melalui proses Identifikasi, Refleksi, dan Benahi.5 modul



Praktikkan Aksi Nyata

11.  Refleksi Diri

Berlatih menjadi pendidik yang juga pemelajar. 4 modul



Praktikkan Aksi Nyata

12.  Disiplin Positif

Tentang menstimulasi disiplin diri pada murid berlandaskan motivasi internal. 4 modul



Praktikkan Aksi Nyata

13.  Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka [Kemitraan dengan HP Indonesia dan V&V Communications]

Semangat Guru 2 adalah program pengembangan keterampilan non-teknis pendukung implementasi Kurikulum Merdeka. 3 modul


Praktikkan Aksi Nyata

 


 

 

Topik Aksi Nyata

 

Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas

BELUM

 


Implementasi Perencanaan Berbasis Data dilakukan melalui proses Identifikasi, Refleksi, dan Benahi.5 modul

Proses implementasi Perencanaan Berbasis Data dapat dilakukan oleh satuan pendidikan dengan lebih mudah. Hal ini karena Kemendikbudristek menuntun Anda untuk melakukan proses Perencanaan Berbasis Data secara aplikatif dengan disertai rekomendasi melalui topik ini. Topik ini akan membahas prinsip penting tentang proses mengidentifikasi kondisi satuan pendidikan, merefleksikan akar masalah yang perlu dibenahi, serta penetapan program pembenahan yang tepat demi meningkatkan kualitas layanan di satuan pendidikan. Selamat belajar!

Aksi Nyata

2 pilihan Aksi Nyata

 

 

Modul 1 Identifikasi dalam PBD

Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

 

A.    Langkah Penting mencapai Perubahan Bermakna

Langkah Penting mencapai Perubahan Bermakna

Klik link video = https://youtu.be/sk-dB2_gwfo

Latihan Pemahaman

Berikut ini merupakan tahapan utama dalam menyusun perencanaan PBD:

1.        Benahi

2.        Identifikasi

3.        Refleksi

Manakah urutan yang sesuai…

Benahi, Identifikasi, lalu RefleksiRefleksi, Benahi, dan IdentifikasiIdentifikasi, Benahi, dan RefleksiIdentifikasi, Refleksi, dan Benahi



https://pusatinformasi.raporpendidikan.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6560984159257-Perencanaan-Berbasis-Data-PBD-untuk-Satuan-Pendidikan-Dasar-Menengah-Dikdasmen-

 

CERITA REFLEKTIF

Kesulitan apa yang Anda alami saat hendak mencari tau kondisi satuan pendidikan selama ini?

Ada beberapa kesulitan yang biasanya dialami saat hendak mencari tau kondisi Satuan Pendidikan, diantaranya:

  • Keterbatasan informasi: Banyak Satuan Pendidikan tidak memberikan informasi yang cukup tentang kondisi sekolah, sehingga sulit untuk mengetahui kondisi sekolah.
  • Data yang tidak akurat: Beberapa Satuan Pendidikan mungkin memberikan data yang tidak akurat atau tidak relevan, sehingga sulit untuk mengetahui kondisi sebenarnya dari sekolah.
  • Keterbatasan akses: Banyak Satuan Pendidikan yang terletak di daerah terpencil atau sulit dijangkau, sehingga sulit untuk mendapatkan informasi tentang kondisi sekolah.
  • Kurangnya transparansi: Beberapa Satuan Pendidikan mungkin tidak memberikan informasi yang cukup tentang kondisi sekolah karena kurangnya transparansi.
  • Kurangnya pengawasan: Karena kurangnya pengawasan dari pihak yang berwenang, beberapa Satuan Pendidikan mungkin tidak memenuhi standar pendidikan yang ditetapkan.

Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut, dibutuhkan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan dari pihak yang berwenang seperti Dinas Pendidikan, atau dari sumber yang dapat dipercaya.

Selain itu, dibutuhkan juga pengawasan dan evaluasi yang berkesinambungan dari pihak yang berwenang agar kondisi sekolah selalu dapat diperbaiki dan diperbarui.

https://temanggung.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-2616156906/kesulitan-apa-yang-anda-alami-saat-hendak-mencari-tau-kondisi-satuan-pendidikan-selama-ini-ini-pembahasannya?page=2

 

B.     Tahap Identifikasi Dikdasmen

Tahap Identifikasi Dikdasmen

Klik link video = https://youtu.be/HcXUUaxO-d0

Latihan Pemahaman

Di bawah ini, manakah tahapan PBD pada jenjang Dikdasmen?

Unduh (profil pendidikan) → isi (RKT) → laporkan (RKT dan RKAS)Unduh (lembar PBD) → isi (lembar PBD) → simpan (lembar PBD) → laporkan (RKT dan RKAS)Unduh (profil pendidikan) → isi (profil pendidikan) → laporkan (profil pendidikan)Unduh (lembar PBD) → isi (RKT) → laporkan (RKT dan RKAS)

CERITA REFLEKTIF

Hal-hal penting apa yang Anda pahami tentang proses memahami kondisi satuan pendidikan berdasarkan materi ini?

Berdasarkan capaian yang diperoleh kita bisa berintrospeksi, mengidentifikasi dan mengintervensi indkator prioritas yang perlu dilakukan selanjutnya.



Post test

  • Soal 1 dari 6

Apa yang dimaksud dengan tahapan refleksi?

Memilih dan memetakan masalah

Merumuskan akar permasalahan

Menyusun program dan kegiatan

Semua benar

  •  
  • Soal 2 dari 6

Apa yang dimaksud dengan tahapan benahi?

Memilih dan memetakan masalah

Merumuskan akar permasalahan

Menyusun program dan kegiatan

Memilih masalah dan akar permasalahan

 

  • Soal 3 dari 6

Apa yang dimaksud dengan tahapan identifikasi?

Memilih dan memetakan masalah

Merumuskan akar permasalahan

Menyusun program dan kegiatan

Memilih masalah dan akar permasalahan

 

  • Soal 4 dari 6

Jika pada dimensi D indikator prioritas sudah memiliki capaian dengan warna hijau, namun penilaian masih lebih rendah dari satpen yang setara. Apa yang sebaiknya satpen lakukan?

Memilih indikator lain yang berwarna merah

Memilih indikator lain yang berwarna kuning

Tetap memilih indikator tersebut untuk diintervensi

Pilihan a dan b benar

 

Untuk memilih indikator yang akan diintervensi Anda dapat mengikuti 2 tahapan berikut: 

Tahap 1: Pilih indikator level 1 yang bermasalah di dimensi A

Tahap 2: Pilih indikator level 1 yang bermasalah di dimensi D

1.        Pilih indikator yang berwarna merah 

2.        Jika tidak ada indikator merah, pilih indikator kuning

3.        Jika tidak ada indikator kuning, dapat memilih indikator hijau

4.        Jika hanya ada indikator biru tapi nilainya lebih rendah dari sekolah setara, pilih indikator tersebut

5.        Jika hanya ada indikator biru tapi masih ada siswa yang masuk kategori dasar dan perlu intervensi khusus, maka pilih indikator tersebut*

1.        Lihat skor D4 dan D8, jika D4 dan/atau D8 berwarna merah atau kuning, pilih indikator tersebut

2.        Jika D4 dan D8 hijau, pilih indikator lain yang merah 

3.        Jika tidak ada indikator merah, pilih indikator kuning

4.        Jika hanya ada indikator hijau tapi nilainya lebih rendah dari sekolah setara, pilih indikator tersebut

5.        Jika hanya ada indikator hijau dengan nilai lebih tinggi dari sekolah setara, pilih indikator dengan skor paling rendah diantara yang hijau*

https://pusatinformasi.raporpendidikan.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/10449685680921-Menerapkan-Perencanaan-Berbasis-Data-PBD-untuk-Pendidikan-Dasar-dan-Menengah-Dikdasmen-

 

  • Soal 5 dari 6

Indikator Prioritas:

1.        Dimensi D, Kualitas Pembelajaran

2.        Dimensi A, Kemampuan Literasi

3.        Dimensi D, Kepemimpinan Instruksional

4.        Dimensi A, Indeks Karakter

Dari ke-4 indikator prioritas di atas, manakah yang termasuk ke dalam indikator prioritas DIKDASMEN?

1, 2, dan 3

1 dan 3

2 dan 4

1, 3, dan 4

https://pusatinformasi.raporpendidikan.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/10449685680921-Menerapkan-Perencanaan-Berbasis-Data-PBD-untuk-Pendidikan-Dasar-dan-Menengah-Dikdasmen-

No

Menu Prioritas Dikdasmen

Rasionalisasi

1

A.1 Kemampuan Literasi

Literasi dan numerasi adalah fondasi kemampuan belajar. Kemampuan literasi dan numerasi meningkatkan daya saing di era berbasis teknologi dan digital terutama di kancah internasional. Mampu menyaring informasi yang valid dengan hoax yang beredar.

2

A.2 Kemampuan Numerasi

3

A.3 Indeks Karakter

Basis untuk tumbuh kembang peserta didik secara utuh. Terdapat korelasi antara kemampuan literasi-numerasi dan karakter peserta didik.

4

D.4 Iklim Keamanan Sekolah

Tingkat rasa aman dan kenyamanan peserta didik di satuan pendidikan dalam hal perasaan aman, perundungan, hukuman fisik, pelecehan seksual, dan narkoba di lingkungan satuan pendidikan.  Iklim keamanan berdampak pada kualitas pembelajaran.

5

D.5 Iklim Kebhinekaan 

Toleransi, perasaan diterima atas perbedaan yang ada merupakan salah satu faktor pendukung iklim pembelajaran.

 

  • Soal 5 dari 6

1.        Unduh Profil Pendidikan

2.        Memilih 5 indikator yang akan diintervensi dengan merujuk pada indikator prioritas dan indikator yang bermasalah

3.        Memetakan indikator yang bermasalah

4.        Memilih 5 indikator prioritas yang telah ditetapkan oleh Kemendikbudristek

Urutkanlah langkah-langkah identifikasi di atas yang sesuai…

1 - 2 - 3 - 4

1 - 3 - 4 - 2

1 - 4 - 2 - 3

1 - 3 - 2 – 4

 

Tahapan identifikasi dilakukan untuk memilih dan menentukan masalah yang akan diselesaikan dalam satu periode perencanaan. Tahapan identifikasi adalah:  

1.        Unduh Profil Pendidikan dari Platform Rapor Pendidikan. Di dalam platform Rapor Pendidikan terdapat menu untuk mengunduh hasil Rapor Pendidikan dalam bentuk file excel.

2.        Pelajari indikator-indikator yang terdapat pada file unduhan Rapor Pendidikan. Dalam dokumen tersebut terdapat daftar nama indikator, skor, label, dan warna. Dengan melihat skor dan warna dari masing-masing indikator baik itu indikator level 1 atau level 2, maka satuan pendidikan dapat membuat daftar dan melakukan pemetaan indikator-indikator yang masih bermasalah atau berada dibawah capaian

3.        Untuk indikator-indikator yang bermasalah atau berada dibawah capaian, ditandai dengan kolom yang berwarna merah atau kuning. Hasil dari identifikasi masalah pada tahapan ini dapat dimasukkan ke kolom “indikator rapor yang bermasalah” pada Form Identifikasi. 

4.        Kemdikbudristek telah menetapkan beberapa poin sebagai indikator prioritas dan dapat memudahkan satuan pendidikan untuk fokus dalam meningkatkan kualitasnya. Detail indikator prioritas dapat dilihat pada tabel berikut:

5.        Selanjutnya satuan pendidikan dalam memilih indikator yang ingin diintervensi dengan mempertimbangkan indikator prioritas dan indikator bermasalah yang kemudian dapat dimasukkan ke dalam form prioritas rekomendasi (yang Anda dapatkan dari hasil unduhan rekomendasi PBD).

https://pusatinformasi.raporpendidikan.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/10449685680921-Menerapkan-Perencanaan-Berbasis-Data-PBD-untuk-Pendidikan-Dasar-dan-Menengah-Dikdasmen-


 

 

Modul 2 Refleksi dalam PBD

Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

 

A.    Merefleksikan Akar Masalah

Merefleksikan Akar Masalah

Klik link video = https://youtu.be/xdqQMDNGkLE

Latihan Pemahaman

Indikator apa saja yang memunculkan identifikasi akar masalah secara otomatis? 

Semua indikator Rapor Pendidikan Hanya indikator prioritas Semua indikator yang statusnya di bawah minimum Indikator sesuai permintaan satuan pendidikan

CERITA REFLEKTIF

Selama ini, bagaimana Anda menganalisis permasalahan yang terjadi di satuan pendidikan Anda?

Semua indikator Rapor Pendidikan yang statusnya di bawah minimum (terutama capaian akademis para peserta didik)

 

B.     Tahap Refleksi Dikdasmen

Tahap Refleksi Dikdasmen

Klik link video = https://youtu.be/UAX-3J6Az_w

Latihan Pemahaman

Tahap apakah yang dilakukan setelah melewati tahap Identifikasi?

EvaluasiRefleksiRestorasiBenahi

 

CERITA REFLEKTIF

Berdasarkan materi ini, hal penting apa yang Anda pahami tentang proses mencari tahu akar masalah yang sebenarnya paling penting untuk dibenahi?

Akar masalah dapat ditemukan dalam indikator level 2 maupun dari indikator dalam dimensi yang berbeda. Walaupun demikian satuan pendidikan dapat memilih Akar masalah yang dianggap sesuai dengan prioritas dan kapasitas satuan pendidikan itu sendiri

 

Post Test

Kerjakan post test

  • Soal 1 dari 6

Langkah yang paling tepat untuk dilakukan setelah mengunduh Rapor Pendidikan otomasi adalah ......

Mengisi RKT

Mengunggah dokumen RKAS

Membaca akar masalah dan melihat kesesuaiannya dengan kondisi satuan pendidikan

Meminta tanda tangan kepala satuan pendidikan untuk pengesahan

  • Soal 2 dari 6

Mengapa refleksi akar masalah ini penting dilakukan?

Karena merupakan tahap yang sudah ditetapkan

Untuk memastikan nilai indikatornya sudah tepat

Untuk menjaga status akreditasi satuan pendidikan

Agar rancangan program di tahap ‘Benahi’ tepat sasaran dan sesuai kebutuhan

  • Soal 3 dari 6

Cara apa saja yang dapat dilakukan untuk melihat kesesuaian akar masalah di Rapor Pendidikan otomasi dengan situasi di satuan pendidikan?

Mempelajari dokumen terkait dan observasi langsung

Bertanya kepada satuan pendidikan lain

Melihat dokumen akreditasi

Bertanya kepada pengawas

  • Soal 4 dari 6

Dalam Tahap Refleksi, bagaimana cara menemukan akar masalah dari masalah yang akan diintervensi?

Mengecek sumber data yang ada

Mengamati perilaku peserta didik

Memilih masalah yang dianggap prioritas

Melihat indikator level dua dari indikator level satu masalah yang akan diintervensi

  • Soal 5 dari 6

Siapakah yang bertanggung jawab melakukan Tahap Refleksi berdasarkan Rapor Pendidikan di satuan pendidikan?

Orang tua peserta didik

Guru

Kepala sekolah

Peserta didik

  • Soal 6 dari 6

Mengapa perlu dilakukan perumusan akar masalah yang tepat dan signifikan?

Sebagai syarat kelengkapan laporan

Agar dapat memilih masalah yang prioritas dan perlu segera diintervensi

Agar dapat mencari solusi dan merancang program selanjutnya dengan lebih efektif dan efisien

Agar dapat mengevaluasi sistem kerja satuan pendidikan

  

 

Modul 3 Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data?

Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

 

Sudah ?

Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan

TOPIK Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan

Modul 1 Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data? ( 3 materi)

Dikembangkan oleh Dr. Itje Chodijah, M.A.

Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan

Link = https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/topik/25

Webinar

Berbagi Tips Lulus Validasi Aksi Nyata Pelatihan Mandiri (21-12-2022 pk 18:30 - 20:00 WIB

Modul Pelatihan = 2

Modul 1Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data? ( 3 materi)

Modul 2 Bagaimana Proses Perencanaan Dilakukan? (4 materi)

Aksi Nyata = 1 pilihan Aksi Nyata

Sertifikat = Kumpulkan lembar Aksi Nyata Anda agar dapat divalidasi dan berkesempatan memperoleh sertifikat

 

1.     Refleksi Perencanaan

 

Refleksi Perencanaan

Klik video = https://www.youtube.com/watch?v=C6sAGu2E5Ys

 

Latihan Pemahaman

Soal 1 dari 1

Kehadiran asumsi yang kuat akan membantu satuan pendidikan dalam menentukan perencanaan yang tepat.

A. Benar

B. Salah

Jawab : B

 

CERITA REFLEKTIF

Bagaimana Anda melakukan perencanaan program selama ini untuk satuan pendidikan?

Program Satuan Pendidikan ditentukan dari tingkat kebutuhan warga sekolah yang diawali dari analisis kebutuhan, sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan.

 

2.     Latar Belakang PBD

Latar Belakang PBD

Link video = https://youtu.be/yckmHTFYeio

Latihan Pemahaman

Latihan Pemahaman

Apakah kebiasaan yang ingin diubah dari proses Perencanaan Berbasis Data?

A. Proses perencanaan harus berdasarkan data kegiatan tahun sebelumnya.

B. Perencanaan yang berdasarkan asumsi menjadi perencanaan berdasarkan data dan fakta.

C. Perencanaan yang melibatkan data dari kepala sekolah dan guru saja.

D. Proses perencanaan yang terkait dengan peningkatan kualitas sarana dan prasarana fisik.

Jawab : B

 

CERITA REFLEKTIF

Apa arti penting kehadiran Perencanaan Berbasis Data untuk satuan pendidikan Anda?

Jawab :

Perencanaan Berbasis Data sangat penting bagi satuan pendidikan, karena direncanakan berdasarkan data riil, bukan hanya sekedar asumsi.

.

3.     Tujuan Perencanaan, Tujuan Pendidikan

 

Tujuan Perencanaan, Tujuan Pendidikan

Klik video = https://youtu.be/yckmHTFYeio

 

Latihan Pemahaman

Salah satu sumber data Perencanaan Berbasis Data adalah rapor pendidikan.

A. Benar

B. Salah

Jawab : A. Benar

 

CERITA REFLEKTIF

Tulis refleksi Anda disini...

Bagaimana kontribusi satuan pendidikan Anda selama ini untuk mencapai tujuan pendidikan?

Jawab : Satuan Pendidikan menggunakan rapor mutu sebagai salah satu bahan perbaikan / perencanaan kegiatan agar tujuan pendidikan dapat tercapai.

 

Post Test

Kerjakan post test

Evaluasi pemahaman modul

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan Modul 1

1. Apa saja pertimbangan dalam melakukan perencanaan?

A. Asumsi terhadap kondisi belajar-mengajar di kelas

B. Fasilitas di satuan pendidikan

C. Data-data mengenai peserta didik, guru, dan lingkungan satuan pendidikan

D. Kesamaan dengan program tahun ajaran lalu

Jawab : C

 

2. Manakah yang tidak termasuk dalam elemen Perencanaan Berbasis Data?

A. Melibatkan berbagai pemangku kepentingan

B. Berdasarkan pada data dan fakta

C. Menambah sarana dan prasarana fisik

D. Semua benar

Jawab : C

 

3. Hal apa yang diperlukan dalam membuat perencanaan satuan pendidikan?

A. Data

B. Perkiraan pribadi

C. Perkiraan kelompok

D. Yang penting dana habis

Jawab : A



😪😪😪

CAPEK .... TOLONG DILANJUT, BRO.  

NGANTUK & AMBRUK, NIH.  REHAT & RELAX DULU .... 

BESUK MASIH KERJA.  SORRY POSTING MASIH AMBURADUL BELUM SEMPAT EDIT.  

BELUM ADA YANG  SHARE JAWABAN UNTUK DICOPAS, SIH. ... JADI TERPAKSA HUNTING & IMPROVISASI SENDIRI.

MASIH GALAU UPLOAD AKSI NYATA, YA ?  HEHEHE ... SAMA. 

 

WAH .... NGGAK ADA RESPON BANTUAN. LAINNYA 

TERPAKSA DEH MENJELAJAH  SENDIRI & MANDIRI LAGI.

SPEKULASI  TRIAL & ERROR  ? WELL ... SAPERE AUDE (DARE TO KNOW)


 

Modul 4 Benahi dalam PBD

Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

 

1.     Prinsip Penting dalam Tahap Benahi

Prinsip Penting dalam Tahap Benahi

Klik video = https://youtu.be/IDFQFxRH2Ek

Latihan Pemahaman

Soal 1 dari 1

Apa tujuan dilakukannya solusi pembenahan?

Untuk memperbaiki dan meningkatkan capaian pada indikator bermasalahUntuk memperbaiki dan meningkatkan capaian pada indikator yang menjadi akar permasalahanUntuk penyusunan program Rencana Kerja TahunanUntuk penyusunan anggaran pada Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah

Jawab

 

CERITA REFLEKTIF

Kesulitan apa yang Anda alami saat hendak menentukan program yang tepat untuk satuan pendidikan selama ini?

Sebelum adanya rapor pendidikan & referensi menu rekomendasi banyak kesulitan yang kami alami saat hendak menentukan program yang tepat untuk satuan pendidikan selama ini.  Antara lain dalam mengidentifikasi indikator layanan mana saja yang perlu diintervensi dan indikator mana yang menjadi Akar masalah agar dapat menentukan program yang memiliki keluasan dampak paling tinggi dengan anggaran seeffisien mungkin sesuai kondisi dan kapasitas satuan pendidikan kami..

2.     Memahami Lembar Rekomendasi PBD (Dikdasmen)

Memahami Lembar Rekomendasi PBD (Dikdasmen)

Klik video = https://youtu.be/8YD2ScqQVHM

Latihan Pemahaman

Soal 1 dari 1

Dari mana satuan pendidikan bisa mendapatkan Lembar Rekomendasi?

Minta sama satuan pendidikan lainMencari tahu sendiriMengunduh dari Platform Rapor PendidikanMengunduh dari Platform Merdeka Mengajar

 

CERITA REFLEKTIF

Bagaimana Anda akan memanfaatkan lembar yang berisi rekomendasi ini untuk satuan pendidikan Anda?

Lembar rekomendasi dari Platform Rapor Pendidikan dari Kemendikbud Ristek akan kami gunakan sebagai bantuan/masukan  referensi dalam PBD (Perencanaan Berbasis Data) untuk tindak lanjut kegiatan pembenahan sesuai dengan sumber daya, situasi & keadaan dalam satuan pendidikan kami.

3.     Tahap Benahi Dikdasmen

Tahap Benahi Dikdasmen

Klik video = https://youtu.be/CmVJB16mt0M

Latihan Pemahaman

Soal 1 dari 1

Ada berapa rekomendasi benahi yang direkomendasikan kemdibudristek ?

1 (satu)3 (tiga)5 (lima)10 (sepuluh)

Jawab

rekomendasi untuk  PAUD =6 DIKDASMEN = 10

 


CERITA REFLEKTIF

Hal-hal penting apa yang Anda pahami tentang memutuskan program pembenahan yang tepat di satuan pendidikan Anda berdasarkan materi ini?

Perlu dipertimbangkan dengan matang kegiatan pembenahan apa yang sesuai untuk mengatasi akar permasalahan yang ingin ditingkatkan capaiannya oleh satuan pendidikan melalui bantuan perencanaan rekomendasi kegiatan benahi dan diskusi lanjutan untuk dapat menentukan program yang tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan dan berdampak besar.

 

4.     Pengembangan Kegiatan Benahi

Pengembangan Kegiatan Benahi

Klik video = https://youtu.be/jGBg1iZlHTE

Latihan Pemahaman

Di manakah satuan pendidikan dapat menemukan rekomendasi kegiatan untuk membenahi akar masalahnya?

Lembar Rekomendasi PBD untuk DikdasmenLembar PBD PAUDLembar Uraian ARKAS untuk DikdasmenSemua benar

 

CERITA REFLEKTIF

Bagaimana Anda akan menyesuaikan rekomendasi yang telah ada dengan kondisi dan kemampuan di satuan pendidikan Anda?

Dengan bantuan rekomendasi yang telah diberikan oleh Kemendikbud kami dapat mengembangkan dan merancang secara bertahap sesuai dengan prioritas untuk kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan dan sumber daya yang ada di satuan pendidikan masing-masing atas akar masalah yang ada.

 

Post Test

 

Post Test

  • Soal 1 dari 8

Dalam Perencanaan Berbasis Data, apa yang dilakukan setelah menentukan akar masalah dalam refleksi ?

Menentukan kegiatan secara detail

Mencermati kegiatan benahi pada rekomendasi dari Kemdikbudristek

Mencermati indikator prioritas

Menyusun tujuan kegiatan

  • Soal 2 dari 8

Apa yang harus dipertimbangkan oleh satuan pendidikan untuk menentukan kegiatan benahi ?

Dana BOS yang diterima

Nilai pada indikator di Rapor Pendidikan

Kondisi, kemampuan, dan sumberdaya satuan pendidikan

Instruksi dari kepala sekolah

  •  

 Post Test

  • Soal 3 dari 8

Dalam Perencanaan Berbasis Data, apa yang dilakukan setelah menentukan akar masalah dalam refleksi ?

Menentukan kegiatan secara detail

Mencermati kegiatan benahi pada rekomendasi dari Kemdikbudristek

Mencermati indikator prioritas

Menyusun tujuan kegiatan

  • Soal 3 dari 8

Apa yang harus dipertimbangkan oleh satuan pendidikan untuk menentukan kegiatan benahi ?

Dana BOS yang diterima

Nilai pada indikator di Rapor Pendidikan

Kondisi, kemampuan, dan sumberdaya satuan pendidikan

Instruksi dari kepala sekolah

  • Soal 3 dari 8

Rekomendasi kegiatan Benahi yang ada saat ini disusun berdasarkan sejumlah kategori, kecuali:

Kurikulum

Wilayah satuan pendidikan

Proses pembelajaran peserta didik

Pendidik dan tenaga kependidikan

  •  Soal 4 dari 8

Berdasarkan cerita Bu Hesti dalam video ini, bagaimana satuan pendidikannya menetapkan kegiatan Benahi untuk akar masalah Sikap Inklusif yang masih rendah?

Mengikuti beberapa rekomendasi dan merancang satu kegiatan sendiri

Mengikuti semua rekomendasi tanpa merancang kegiatan sendiri

Mengikuti beberapa rekomendasi saja

Tidak mengikuti rekomendasi, merancan semua program sendiri

  •  
  •  Soal 5 dari 8

1) Perlu merujuk pada rumusan kegiatan Benahi yang disediakan Kemendikbud Ristek

2) Dirumuskan sebagai solusi pertama untuk mengatasi akar permasalahan

3) Dirumuskan sebagai solusi utama untuk mengatasi seluruh akar permasalahan

4) Menyesuaikan kembali pilihan kegiatan Benahi dengan kondisi di satuan pendidikan

5) Menyesuaikan pilihan kegiatan Benahi dengan sumber daya yang dimiliki oleh satuan pendidikan

 

Manakah pernyataan yang paling tepat untuk dijadikan dasar pertimbangan dalam memilih kegiatan Benahi?

1, 2, 4, dan 5

1, 2, 3, dan 5

1, 3, 4, dan 5

Semua benar


  • Soal 6 dari 8

Apakah prinsip penting dalam menetapkan dan meyakini bahwa kegiatan pembenahan sudah tepat?

Memiliki potensi dampak paling rendah

Memiliki potensi permasalahan lanjutan paling rendah

Dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi seluruh permasalahan

Memiliki anggaran yang paling efisien

 

potensi dampak paling tinggi

memiliki anggaran yang seefisien mungkin

  • Soal 7 dari 8

Di dalam lembar rekomendasi, terdapat 3 lembar di dalamnya. Lembar manakah yang berisi 5 akar masalah utama untuk dibenahi?

Panduan membaca

Rekomendasi

Seluruh rekomendasi

Prioritas rekomendasi

 

Catatan

2. Prioritas Rekomendasi: Berisi 5 AKAR MASALAH UTAMA berdasarkan nilai terendah dari indikator prioritas level 1, lembar ini juga bertujuan untuk MEMANDU SATDIK mengidentifikasi prioritas masalah, merefleksikan akarnya, dan menentukan strategi untuk pembenahan. https://pusatinformasi.raporpendidikan.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/10450006120217-Panduan-Membaca-Lembar-Rekomendasi-Perencanaan-Berbasis-Data-PBD-dan-Lembar-Kerja-Aplikasi-Rencana-Kegiatan-dan-Anggaran-Sekolah-ARKAS-untuk-Dikdasmen

 

  • Soal 8 dari 8

Dari hasil unduhan Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data, akan diberikan 2 buah lembar. Lembar apa sajakah itu?

Rapor dan Rekomendasi

Rekomendasi dan Uraian ARKAS

Rapor dan Uraian ARKAS

RKT dan Uraian ARKAS

 

Catatan

Setelah file berhasil di unduh, Anda akan mendapat 2 jenis file, yaitu: 

1.        Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD): yaitu lembar yang berisikan rekomendasi perencanaan berbasis data (PBD) yang menampilkan 5 indikator terpilih (literasi, numerasi, karakter, keamanan dan kebhinekaan) yang menjadi prioritas Kemendikbudristek

2.        Uraian Kegiatan ARKAS: yaitu lembar yang berisikan rekomendasi kegiatan yang dapat dilaksanakan satuan pendidikan (berdasarkan rekomendasi PBD) dan kode kegiatan ARKAS terkait

 https://pusatinformasi.raporpendidikan.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/10446868880537-Mengunduh-Perencanaan-Berbasis-Data-PBD-untuk-Pendidikan-Dasar-dan-Menengah-Dikdasmen-

 

Modul 5 Implementasi Program dalam PBD

Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

 

1.     Refleksi Proses PBD

Refleksi Proses PBD

Klik video = https://youtu.be/ICI_zO_3lwA

Latihan Pemahaman

Soal 1 dari 1

Siapa saja yang dapat dilibatkan untuk mendapatkan data tambahan mengenai kondisi satuan pendidikan ?

Tenaga pendidikPeserta didikOrang tuaSemua benar

 

CERITA REFLEKTIF

Ceritakan hasil refleksi Anda terhadap proses Perencanaan Berbasis Data berdasarkan materi ini!

Dengan memanfaatkan hasil laporan rapor pendidikan dari proses Perencanaan Berbasis Data sebagai bahan evaluasi dan pedoman perbaikan berkesinambungan di sepanjang tahun ajaran dalam kita dapat mengetahui akar permasalahan yang terjadi, merefleksikan akar masalahnya , dan menemukan ide untuk merancang program pembenahan yang sesuai dengan memanfaatkan sumber daya yang sudah dimiliki di satuan pendidikan.

 

2.     Rapor Pendidikan dan Perbaikan Berkelanjutan

Rapor Pendidikan dan Perbaikan Berkelanjutan

Klik video = https://youtu.be/HSB2sSjfAKo

Latihan Pemahaman

Soal 1 dari 1

Pada saat kapankah Rapor Pendidikan dapat digunakan?

Awal tahun ajaranAkhir tahun ajaranPertengahan semesterKapanpun saat hendak melakukan pembenahan

 

CERITA REFLEKTIF

Bagaimana Anda akan memanfaatkan Rapor Pendidikan di sepanjang tahun ajaran untuk satuan pendidikan Anda?

Dikarenakan Rapor Pendidikan memberikan informasi tentang hasil evaluasi pendidikan berupa Asesmen Nasional bersama sumber data lainnya maka satuan pendidikan kami dapat membuat perencanaan kebijakan dan program pendidikan secara lebih terarah, dalam upaya mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang berkualitas.

 

3.     RKT dalam PBD

RKT dalam PBD

Klik video = https://youtu.be/n5hFhZL_Ncs

Latihan Pemahaman

Soal 1 dari 1

RKT adalah ……

Rencana Kerja TahunanRancangan Kerja TahunanRevisi Kerja TahunanRencana Kegiatan TahunanRancangan Kegiatan Tahunan

Jawab

 

CERITA REFLEKTIF

Bagaimana Anda memaknai manfaat dari proses Identifikasi-Refleksi-Benahi untuk menyusun program prioritas di dalam Rencana Kerja Tahunan?

Pemanfaatan perencanaan berbasis data melalui proses Identifikasi-Refleksi-Benahi terkait seleksi akar masalah dan program pembenahan yang hendak diimplementasikan yang lengkap dan rinci akan dapat memudahkan kita dalam membuat rencana kerja tahunan secara rapih dan sesuai dengan satuan pendidikan. 

 

 

4.     RKAS dalam PBD

RKAS dalam PBD

Klik video = https://youtu.be/DflK0b8fBjo

 

Latihan Pemahaman

Soal 1 dari 1

Rencana Kegiatan Tahunan yang membutuhkan biaya akan dianggarkan oleh Satuan Pendidikan melalui . . . . 

Rencana Kerja Jangka PendekRencana Kerja Jangka PanjangRencana Kerja dan Anggaran SekolahRencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah

 

CERITA REFLEKTIF

Bagaimana Anda memaknai manfaat dari proses Identifikasi-Refleksi-Benahi untuk menyusun anggaran program prioritas di dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah?

Dengan memanfaatkan perencanaan berbasis data melalui proses Identifikasi-Refleksi-Benahi kita dapat menentukan program yang akan diprioritaskan oleh satuan pendidikan dalam satu tahun ajaran baik yang berbiaya maupun yang tidak berbiaya berdasarkan rencana kerja tahunan setelah melakukan pengelompokan dalam format rencana kegiatan dan anggaran sekolah.

 

5.     Komitmen untuk Layanan Pendidikan Berkualitas

 

Komitmen untuk Layanan Pendidikan Berkualitas

Klik video = https://youtu.be/fLE445uavyM

 

Latihan Pemahaman

Soal 1 dari 1

Apa saja tiga tahapan utama implementasi Perencanaan Berbasis Data?

Identifikasi, Refleksi, KlarifikasiIdentifikasi, Evaluasi, KlarifikasiIdentifikasi, Refleksi, BenahiIdentifikasi, Relaksasi, Benahi

 

CERITA REFLEKTIF

Apa yang Anda akan lakukan untuk dapat menjaga komitmen dalam melakukan perencanaan yang didasarkan pada data dan berpusat pada murid?

Untuk mencapai keberhasilan implementasi perencanaan berbasis data dibutuhkan kerjasama yang solid , komitmen yang kuat untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dengan melakukan pengawasan evaluasi dan konsistensi serta partisipasi dan keterlibatan seluruh pihak dalam satuan pendidikan

 

Post Test

  • Soal 1 dari 15

Bagaimana memulai langkah dalam melakukan perubahan berdasarkan Perencanaan Berbasis Data?

Segera memilih berbagai kegiatan pembenahan untuk mengatasi semua permasalahan di satuan pendidikan

Dimulai dengan menentukan alokasi anggaran untuk melakukan pembenahan di satuan pendidikan

Memulai perubahan setahap demi setahap sesuai kondisi dan kemampuan satuan pendidikan

Meminta arahan dari dinas pendidikan untuk dapat melakukan perubahan di satuan pendidikan

  • Soal 2 dari 15

Berikut adalah indikator layanan yang perlu diperhatikan dalam proses Perencanaan Berbasis Data, kecuali ……

Seluruh indikator yang bermasalah

Indikator yang bermasalah

Indikator yang menjadi akar permasalahan

Indikator yang penting untuk segera dibenahi satuan pendidikan

  • Soal 3 dari 15

Berikut adalah hal yang perlu difokuskan dalam melakukan refleksi atas pembelajaran terhadap Perencanaan Berbasis Data, kecuali ……

Fokus pada situasi yang terjadi

Fokus pada makna atau pelajaran yang didapatkan

Fokus pada aksi apa yang akan dilakukan

Fokus pada solusi apa yang ditemukan

  • Soal 4 dari 15

Apa yang akan terjadi jika saat melakukan pembenahan, kepala satuan pendidikan tidak memanfaatkan Laporan Rapor Pendidikan dengan baik?

Akan terjadi kekeliruan dalam melakukan pembenahan

Tidak akan terjadi peningkatan mutu pada satuan pendidikan

Kurangnya pemahaman kepala satuan pendidikan dan rekan guru terkait kebutuhan satuan pendidikannya

Semua benar

  • Soal 5 dari 15

Siapa sajakah yang dapat mempelajari dan mempergunakan Laporan Rapor Pendidikan sebagai bahan evaluasi pendidikan?

Kepala satuan pendidikan

Rekan pendidik

Tenaga pendidik

Semua bisa mempelajari dan menggunakannya

  • Soal 6 dari 15

Ketika satuan pendidikan merasa belum terjadi peningkatan mutu saat di pertengahan proses pembenahan, kepala satuan pendidik bersama rekan pendidik dapat mencoba membuka kembali Laporan Rapor Pendidikan. Lalu, mereka mempelajari kembali rekomendasi pembenahan yang sudah tersedia untuk diaplikasikan di pembenahan berikutnya.

 

Bagaimana pernyataan di atas menurut Anda?

Benar

Salah

Hampir benar

Ragu-ragu

  • Soal 7 dari 15

Tabel pada Rencana Kerja Tahunan terdiri dari ……

Masalah - akar masalah - program

Indikator prioritas - masalah - program

Indikator - masalah - akar masalah - program

Masalah - akar masalah - indikator prioritas

  • Soal 8 dari 15
  • SOAL SAMA DENGAN NOMOR 7 DI ATAS ?

Tabel pada Rencana Kerja Tahunan terdiri dari ……

Masalah - akar masalah - program

Indikator prioritas - masalah - program

Indikator - masalah - akar masalah - program

Masalah - akar masalah - indikator prioritas

  • Soal 9 dari 15

Manakah di antara pernyataan berikut yang benar?

Profil Pendidikan adalah hasil akhir dari Perencanaan Berbasis Data (PBD)

Setiap program pasti memiliki anggaran atau biaya yang harus dikeluarkan

Seluruh program Rencana Kerja Tahunan penting untuk dilaksanakan

RKT dan RKAS dapat dirumuskan secara langsung tanpa melihat Rapor Pendidikan

  • Soal 10 dari 15

Perhatikan rincian kegiatan berikut ini :

1) melakukan refleksi satuan pendidikan terkait kebutuhan dana.

2) menentukan kegiatan benahi pada RKT

3) merinci kebutuhan barang dan jasa yang diperlukan

4) merinci nominal harga barang dan jasa yang diperlukan

Dari pernyataan di atas, Langkah yang perlu dilakukan ketika akan melakukan penganggaran ke RKAS adalah . . . .

1 dan 2

2 dan 3

3 dan 4

2 dan 4

  • Soal 11 dari 15

Perhatikan beberapa daftar kegiatan berikut ini:

1) Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah terkait materi kualitas pembelajaran.

2) Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah terkait materi literasi

3)Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah terkait materi kepemimpinan Instruksional.

4 Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah terkait materi numerasi

Salah satu kebutuhan yang perlu dianggarkan dalam RKAS oleh satuan pendidikan yang paling ......

Honor narasumber

Honor kegiatan

Honor panitia

Langganan internet

  • Soal 12 dari 15

Setelah satuan pendidikan melakukan penganggaran melalui ARKAS, maka tahap berikutnya yang perlu dilakukan adalah . . . .

Melakukan input RKAS ke ARKAS

Melakukan input RKAS ke RKJM

Melakukan input RKT ke RKAS

Melakukan input RKT ke RKJM

  • Soal 13 dari 15

Siapakah yang berperan penting dalam keberhasilan implementasi Perencanaan Berbasis Data di satuan pendidikan?

Tenaga pendidik

Kepala satuan pendidikan

Orang tua peserta didik

Seluruh unsur satuan pendidikan

  • Soal 14 dari 15

Bagaimanakah proses pengawasan sebaiknya dilakukan?

Secukupnya saja

Pengawasan dilakukan secara berkala dan terus-menerus

Pengecekan dilakukan ketika kegiatan menemukan masalah

Tidak perlu pengawasan yang ketat dan rutin

  • Soal 15 dari 15

Apa yang harus satuan pendidikan lakukan jika dalam perjalanan proses kegiatan, terdapat kekeliruan ataupun hal-hal yang dirasa tidak tepat?

Tetap melanjutkan kegiatan yang telah direncanakan

Mengabaikan hal tersebut demi kelanjutan pembenahan

Langsung mengganti kegiatan dengan yang sesuai dengan satuan pendidikan

Berdiskusi dengan rekan pendidik dan berbagai unsur satuan pendidikan untuk mencari solusi yang sesuai

 

Pilih Aksi Nyata 2

Untuk Topik: Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas

1.        Melakukan Praktik Identifikasi-Refleksi-Benahi [Kepala Sekolah]

2.        Melakukan Praktik Identifikasi-Refleksi-Benahi [Guru]

😴😴😴😴😴😴😴😴😴😴😴😴😴😴😴😴😴

SEKEDAR BERBAGI ALL PMM

SHARE PMM TQ OKE 

932,64 MB

0 IHT KURMER 

1 TEST PMIKM

2 AKSI NYATA

LINK GOOGLE DRIVE :

https://drive.google.com/drive/folders/1-2GZfSvviB4uLHqUrags9FTWib51Z0Jm

SILAKAN DOWNLOAD YANG ANDA BUTUHKAN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar