Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas
BELUM
Pelatihan Mandiri IKM (Implementasi
Kurikulum Merdeka)
INSERT TOPIK KE TENGAH URUTAN SEBELUMNYA LAGI JADI KACAU , NIH
MUNCUL KE 13 MASUK KE URUTAN 10 DARI 12 YANG SUDAH ADA
Ranah
Pelatihan Mandiri
LANGKAH =
https://guru.kemdikbud.go.id/home
https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri
Tentang pandangan Ki Hadjar
Dewantara mengenai pendidikan yang memerdekakan serta contoh penerapannya. 5 modul
Praktikkan Aksi Nyata
Membahas bagaimana semua pihak harus menempatkan kepentingan murid sebagai rujukan pengembangan kurikulum. 2 modul
Praktikkan Aksi Nyata
3.
Perencanaan
Pembelajaran SMP/Paket B
Membahas proses perencanaan
pembelajaran mulai dari dokumen Capaian Pembelajaran sampai modul ajar. 3 modul
Praktikkan Aksi Nyata
4.
Asesmen SMP -
SMA/SMK/ Paket B - C
Tentang prinsip asesmen yang
berpusat pada murid, pelaksanaan, serta cara menggunakan hasilnya. 3 modul
Praktikkan Aksi Nyata
5.
Projek penguatan
Profil Pelajar Pancasila SMP/ Paket B
Penguatan Profil Pelajar
Pancasila dilakukan melalui kegiatan Projek untuk melihat ketercapaian
kompetensi holisitik para murid. 7 modul
Menunggu hasil validasi
6.
Penyesuaian
Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SMP - SMA/ Paket B-C
Tentang bagaimana
mengimplementasikan konsep pembelajaran sesuai tahap capaian murid. 3 modul
Praktikkan Aksi Nyata
Tentang ke-6 dimensi dalam
Profil Pelajar Pancasila dan imlementasinya dalam pembelajaran 8 modul
Praktikkan Aksi Nyata
8.
Perencanaan
untuk Perbaikan Satuan Pendidikan
Perencanaan Berbasis Data
mendorong satuan pendidikan dalam melakukan perencanaan untuk memperbaiki diri
berdasarkan fakta. 2 modul
Praktikkan Aksi Nyata
9. Rapor Pendidikan sebagai Sumber Data Perencanaan
SUDAH = https://4sharing2u.blogspot.com/2023/01/plus-pmm-awal-tahun-2023.html
Rapor Pendidikan adalah alat
bantu dan sumber data utama dalam melakukan perencanaan berbasis data bagi
satuan pendidikan. 2 modul
Praktikkan Aksi Nyata
10. Implementasi
Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas BELUM
Implementasi Perencanaan
Berbasis Data dilakukan melalui proses Identifikasi, Refleksi, dan
Benahi.5 modul
Praktikkan Aksi Nyata
11. Refleksi Diri
Berlatih menjadi pendidik yang
juga pemelajar. 4 modul
Praktikkan Aksi Nyata
12. Disiplin Positif
Tentang menstimulasi disiplin
diri pada murid berlandaskan motivasi internal. 4 modul
Praktikkan Aksi Nyata
Semangat Guru 2 adalah program
pengembangan keterampilan non-teknis pendukung implementasi Kurikulum Merdeka. 3 modul
Praktikkan Aksi Nyata
Implementasi
Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas
BELUM
Implementasi Perencanaan
Berbasis Data dilakukan melalui proses Identifikasi, Refleksi, dan
Benahi.5 modul
Proses implementasi Perencanaan Berbasis
Data dapat dilakukan oleh satuan pendidikan dengan lebih mudah. Hal ini karena
Kemendikbudristek menuntun Anda untuk melakukan proses Perencanaan Berbasis
Data secara aplikatif dengan disertai rekomendasi melalui topik ini. Topik ini
akan membahas prinsip penting tentang proses mengidentifikasi kondisi satuan
pendidikan, merefleksikan akar masalah yang perlu dibenahi, serta penetapan
program pembenahan yang tepat demi meningkatkan kualitas layanan di satuan
pendidikan. Selamat belajar!
Link = https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/topik/30
Modul Pelatihan
Modul 1 Identifikasi
dalam PBD
Modul 2 Refleksi
dalam PBD
Modul 3 Apa
dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data?
Modul 4 Benahi
dalam PBD
Modul 5 Implementasi
Program dalam PBD
Aksi Nyata
2 pilihan Aksi Nyata
Modul 1 Identifikasi
dalam PBD
Dikembangkan
oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
A.
Langkah Penting
mencapai Perubahan Bermakna
Langkah Penting mencapai Perubahan Bermakna
Klik link video = https://youtu.be/sk-dB2_gwfo
Berikut ini merupakan tahapan utama
dalam menyusun perencanaan PBD:
1.
Benahi
2.
Identifikasi
3.
Refleksi
Manakah urutan yang sesuai…
Benahi,
Identifikasi, lalu RefleksiRefleksi,
Benahi, dan IdentifikasiIdentifikasi,
Benahi, dan RefleksiIdentifikasi, Refleksi, dan Benahi
CERITA REFLEKTIF
Kesulitan apa yang Anda alami saat
hendak mencari tau kondisi satuan pendidikan selama ini?
Ada
beberapa kesulitan yang biasanya dialami saat hendak mencari tau kondisi Satuan
Pendidikan, diantaranya:
- Keterbatasan informasi: Banyak Satuan
Pendidikan tidak memberikan informasi yang cukup tentang kondisi
sekolah, sehingga sulit untuk mengetahui kondisi sekolah.
- Data yang tidak akurat: Beberapa Satuan
Pendidikan mungkin memberikan data yang tidak akurat atau tidak
relevan, sehingga sulit untuk mengetahui kondisi sebenarnya dari sekolah.
- Keterbatasan akses: Banyak Satuan
Pendidikan yang terletak di daerah terpencil atau sulit
dijangkau, sehingga sulit untuk mendapatkan informasi tentang kondisi
sekolah.
- Kurangnya transparansi: Beberapa Satuan
Pendidikan mungkin tidak memberikan informasi yang cukup tentang
kondisi sekolah karena kurangnya transparansi.
- Kurangnya pengawasan: Karena kurangnya pengawasan dari pihak yang
berwenang, beberapa Satuan
Pendidikan mungkin tidak memenuhi standar pendidikan yang
ditetapkan.
Untuk
mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut, dibutuhkan informasi yang akurat dan
dapat dipertanggungjawabkan dari pihak yang berwenang seperti Dinas Pendidikan,
atau dari sumber yang dapat dipercaya.
Selain
itu, dibutuhkan juga pengawasan dan evaluasi yang berkesinambungan dari pihak
yang berwenang agar kondisi sekolah selalu dapat diperbaiki dan diperbarui.
B.
Tahap
Identifikasi Dikdasmen
Klik link video = https://youtu.be/HcXUUaxO-d0
Di bawah ini, manakah tahapan PBD pada
jenjang Dikdasmen?
Unduh
(profil pendidikan) → isi (RKT) → laporkan (RKT dan RKAS)Unduh
(lembar PBD) → isi (lembar PBD) → simpan (lembar PBD) → laporkan (RKT dan RKAS)Unduh
(profil pendidikan) → isi (profil pendidikan) → laporkan (profil pendidikan)Unduh
(lembar PBD) → isi (RKT) → laporkan (RKT dan RKAS)
CERITA REFLEKTIF
Hal-hal penting apa yang Anda pahami
tentang proses memahami kondisi satuan pendidikan berdasarkan materi ini?
Berdasarkan capaian yang diperoleh kita
bisa berintrospeksi, mengidentifikasi dan mengintervensi indkator prioritas
yang perlu dilakukan selanjutnya.
Post
test
- Soal 1 dari
6
Apa yang dimaksud dengan tahapan
refleksi?
Memilih dan memetakan masalah
Merumuskan akar permasalahan
Menyusun program dan kegiatan
Semua benar
- Soal 2 dari 6
Apa
yang dimaksud dengan tahapan benahi?
Memilih dan memetakan masalah
Merumuskan akar permasalahan
Menyusun program dan kegiatan
Memilih masalah dan akar permasalahan
- Soal
3 dari 6
Apa yang
dimaksud dengan tahapan identifikasi?
Memilih dan memetakan
masalah
Merumuskan akar
permasalahan
Menyusun program
dan kegiatan
Memilih masalah
dan akar permasalahan
- Soal 4 dari 6
Jika pada dimensi D indikator prioritas sudah memiliki capaian dengan warna hijau,
namun penilaian masih lebih rendah dari satpen yang setara. Apa
yang sebaiknya satpen lakukan?
Memilih
indikator lain yang berwarna merah
Memilih
indikator lain yang berwarna kuning
Tetap memilih indikator tersebut untuk diintervensi
Pilihan a dan b
benar
Untuk memilih indikator
yang akan diintervensi Anda dapat mengikuti 2 tahapan berikut:
Tahap 1: Pilih indikator level 1 yang bermasalah di
dimensi A |
Tahap
2: Pilih indikator level 1 yang bermasalah di dimensi
D |
1.
Pilih indikator yang berwarna merah 2.
Jika tidak ada indikator merah, pilih indikator kuning 3.
Jika tidak ada indikator kuning, dapat memilih indikator
hijau 4.
Jika hanya ada indikator biru tapi nilainya lebih rendah
dari sekolah setara, pilih indikator tersebut 5.
Jika hanya ada indikator biru tapi masih ada siswa yang
masuk kategori dasar dan perlu intervensi khusus, maka pilih indikator
tersebut* |
1.
Lihat skor D4 dan D8, jika D4 dan/atau D8 berwarna merah
atau kuning, pilih indikator tersebut 2.
Jika D4 dan D8 hijau, pilih indikator lain yang
merah 3.
Jika tidak ada indikator merah, pilih indikator kuning 4.
Jika hanya ada indikator hijau tapi nilainya lebih
rendah dari sekolah setara, pilih indikator tersebut 5.
Jika hanya ada indikator hijau dengan nilai lebih tinggi
dari sekolah setara, pilih indikator dengan skor paling rendah diantara yang
hijau* |
- Soal 5 dari 6
Indikator
Prioritas:
1.
Dimensi D, Kualitas Pembelajaran
2.
Dimensi A, Kemampuan
Literasi
3.
Dimensi D, Kepemimpinan Instruksional
4.
Dimensi A, Indeks
Karakter
Dari ke-4
indikator prioritas di atas, manakah yang termasuk ke dalam indikator prioritas
DIKDASMEN?
1, 2, dan 3
1 dan 3
2 dan 4
1, 3, dan 4
No |
Menu Prioritas Dikdasmen |
Rasionalisasi |
1 |
A.1 Kemampuan
Literasi |
Literasi dan
numerasi adalah fondasi kemampuan belajar. Kemampuan literasi dan numerasi
meningkatkan daya saing di era berbasis teknologi dan digital terutama di
kancah internasional. Mampu menyaring informasi yang valid dengan hoax yang
beredar. |
2 |
A.2 Kemampuan
Numerasi |
|
3 |
A.3 Indeks
Karakter |
Basis untuk
tumbuh kembang peserta didik secara utuh. Terdapat korelasi antara kemampuan
literasi-numerasi dan karakter peserta didik. |
4 |
D.4 Iklim
Keamanan Sekolah |
Tingkat rasa
aman dan kenyamanan peserta didik di satuan pendidikan dalam hal perasaan
aman, perundungan, hukuman fisik, pelecehan seksual, dan narkoba di lingkungan
satuan pendidikan. Iklim keamanan berdampak pada kualitas pembelajaran. |
5 |
D.5 Iklim
Kebhinekaan |
Toleransi,
perasaan diterima atas perbedaan yang ada merupakan salah satu faktor
pendukung iklim pembelajaran. |
- Soal 5 dari 6
1.
Unduh Profil Pendidikan
2.
Memilih 5 indikator yang akan diintervensi dengan merujuk
pada indikator prioritas dan indikator yang bermasalah
3.
Memetakan indikator yang bermasalah
4.
Memilih 5 indikator prioritas yang telah ditetapkan oleh
Kemendikbudristek
Urutkanlah
langkah-langkah identifikasi di atas yang sesuai…
1 - 2 - 3 - 4
1 - 3 - 4 - 2
1 - 4 - 2 - 3
1 - 3 - 2 – 4
Tahapan identifikasi
dilakukan untuk memilih dan menentukan masalah yang akan diselesaikan dalam
satu periode perencanaan. Tahapan identifikasi adalah:
1.
Unduh Profil
Pendidikan
dari Platform Rapor Pendidikan. Di dalam platform Rapor Pendidikan terdapat
menu untuk mengunduh hasil Rapor Pendidikan dalam bentuk file excel.
2.
Pelajari indikator-indikator
yang terdapat pada file unduhan Rapor Pendidikan. Dalam
dokumen tersebut terdapat daftar nama indikator, skor, label, dan warna. Dengan
melihat skor dan warna dari masing-masing indikator baik itu indikator level 1
atau level 2, maka satuan pendidikan dapat membuat daftar dan melakukan pemetaan indikator-indikator yang masih bermasalah
atau berada dibawah capaian.
3.
Untuk indikator-indikator yang bermasalah atau berada
dibawah capaian, ditandai dengan kolom yang berwarna merah atau kuning. Hasil
dari identifikasi masalah pada tahapan ini dapat dimasukkan ke kolom “indikator
rapor yang bermasalah” pada Form Identifikasi.
4.
Kemdikbudristek telah menetapkan beberapa poin
sebagai indikator prioritas dan dapat memudahkan satuan
pendidikan untuk fokus dalam meningkatkan kualitasnya. Detail indikator
prioritas dapat dilihat pada tabel berikut:
5.
Selanjutnya satuan pendidikan dalam memilih
indikator yang ingin diintervensi dengan mempertimbangkan indikator prioritas
dan indikator bermasalah yang kemudian dapat dimasukkan ke dalam form
prioritas rekomendasi (yang Anda dapatkan dari hasil unduhan rekomendasi PBD).
Modul 2 Refleksi
dalam PBD
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset
dan Teknologi
A.
Merefleksikan
Akar Masalah
Klik link video
= https://youtu.be/xdqQMDNGkLE
Indikator apa
saja yang memunculkan identifikasi akar masalah secara otomatis?
Semua
indikator Rapor Pendidikan Hanya indikator prioritas Semua
indikator yang statusnya di bawah minimum Indikator
sesuai permintaan satuan pendidikan
CERITA REFLEKTIF
Selama ini,
bagaimana Anda menganalisis permasalahan yang terjadi di satuan pendidikan
Anda?
Semua indikator Rapor Pendidikan yang statusnya di
bawah minimum (terutama capaian akademis para peserta didik)
B.
Tahap Refleksi
Dikdasmen
Klik link video
= https://youtu.be/UAX-3J6Az_w
Tahap apakah
yang dilakukan setelah melewati tahap Identifikasi?
EvaluasiRefleksiRestorasiBenahi
CERITA REFLEKTIF
Berdasarkan
materi ini, hal penting apa yang Anda pahami tentang proses mencari tahu akar
masalah yang sebenarnya paling penting untuk dibenahi?
Akar masalah dapat ditemukan dalam indikator
level 2 maupun dari indikator dalam dimensi yang berbeda. Walaupun demikian
satuan pendidikan dapat memilih Akar masalah yang dianggap sesuai dengan prioritas
dan kapasitas satuan pendidikan itu sendiri
Post Test
Kerjakan post
test
- Soal 1 dari 6
Langkah yang
paling tepat untuk dilakukan setelah mengunduh Rapor Pendidikan otomasi adalah
......
Mengisi RKT
Mengunggah
dokumen RKAS
Membaca akar masalah dan melihat kesesuaiannya dengan
kondisi satuan pendidikan
Meminta tanda
tangan kepala satuan pendidikan untuk pengesahan
- Soal 2 dari 6
Mengapa refleksi
akar masalah ini penting dilakukan?
Karena merupakan
tahap yang sudah ditetapkan
Untuk memastikan
nilai indikatornya sudah tepat
Untuk menjaga
status akreditasi satuan pendidikan
Agar rancangan program di tahap ‘Benahi’ tepat sasaran dan
sesuai kebutuhan
- Soal 3 dari 6
Cara apa saja
yang dapat dilakukan untuk melihat kesesuaian akar masalah di Rapor Pendidikan
otomasi dengan situasi di satuan pendidikan?
Mempelajari dokumen terkait dan observasi langsung
Bertanya kepada
satuan pendidikan lain
Melihat dokumen
akreditasi
Bertanya kepada
pengawas
- Soal 4 dari 6
Dalam Tahap
Refleksi, bagaimana cara menemukan akar masalah dari masalah yang akan
diintervensi?
Mengecek sumber
data yang ada
Mengamati
perilaku peserta didik
Memilih masalah
yang dianggap prioritas
Melihat indikator level dua dari indikator level satu
masalah yang akan diintervensi
- Soal 5 dari 6
Siapakah yang
bertanggung jawab melakukan Tahap Refleksi berdasarkan Rapor Pendidikan di
satuan pendidikan?
Orang tua
peserta didik
Guru
Kepala sekolah
Peserta didik
- Soal 6 dari 6
Mengapa perlu
dilakukan perumusan akar masalah yang tepat dan signifikan?
Sebagai syarat
kelengkapan laporan
Agar dapat memilih masalah yang prioritas dan perlu segera
diintervensi
Agar dapat
mencari solusi dan merancang program selanjutnya dengan lebih efektif dan
efisien
Agar dapat
mengevaluasi sistem kerja satuan pendidikan
Modul 3 Apa
dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data?
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset
dan Teknologi
Sudah ?
Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan
TOPIK Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan
Modul 1 Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data? ( 3 materi)
Dikembangkan oleh Dr. Itje Chodijah, M.A.
Perencanaan
untuk Perbaikan Satuan Pendidikan
Link = https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/topik/25
Webinar
Berbagi Tips
Lulus Validasi Aksi Nyata Pelatihan Mandiri (21-12-2022 pk 18:30 - 20:00 WIB
Modul
Pelatihan = 2
Modul 1Apa dan Mengapa
Perencanaan Berbasis Data? ( 3
materi)
Modul 2 Bagaimana Proses
Perencanaan Dilakukan? (4 materi)
Aksi
Nyata = 1
pilihan Aksi Nyata
Sertifikat = Kumpulkan lembar Aksi Nyata Anda agar dapat divalidasi dan berkesempatan memperoleh sertifikat
1.
Refleksi
Perencanaan
Klik video = https://www.youtube.com/watch?v=C6sAGu2E5Ys
Soal 1 dari 1
Kehadiran
asumsi yang kuat akan membantu satuan pendidikan dalam menentukan perencanaan
yang tepat.
A. Benar
B. Salah
Jawab : B
CERITA REFLEKTIF
Bagaimana Anda melakukan perencanaan
program selama ini untuk satuan pendidikan?
Program Satuan Pendidikan ditentukan dari tingkat kebutuhan
warga sekolah yang diawali dari analisis kebutuhan, sosialisasi, perencanaan,
pelaksanaan hingga pelaporan.
2.
Latar Belakang
PBD
Link video = https://youtu.be/yckmHTFYeio
Latihan
Pemahaman
Apakah kebiasaan yang ingin diubah dari
proses Perencanaan Berbasis Data?
A. Proses perencanaan harus berdasarkan
data kegiatan tahun sebelumnya.
B.
Perencanaan yang berdasarkan asumsi menjadi perencanaan berdasarkan data dan
fakta.
C. Perencanaan yang melibatkan data
dari kepala sekolah dan guru saja.
D. Proses perencanaan yang terkait
dengan peningkatan kualitas sarana dan prasarana fisik.
Jawab : B
CERITA REFLEKTIF
Apa arti penting kehadiran Perencanaan
Berbasis Data untuk satuan pendidikan Anda?
Jawab :
Perencanaan Berbasis Data sangat penting bagi
satuan pendidikan, karena direncanakan berdasarkan data riil, bukan hanya
sekedar asumsi.
.
3.
Tujuan
Perencanaan, Tujuan Pendidikan
Tujuan
Perencanaan, Tujuan Pendidikan
Klik video = https://youtu.be/yckmHTFYeio
Salah satu sumber data Perencanaan
Berbasis Data adalah rapor pendidikan.
A. Benar
B. Salah
Jawab : A. Benar
CERITA REFLEKTIF
Tulis refleksi Anda disini...
Bagaimana kontribusi satuan pendidikan
Anda selama ini untuk mencapai tujuan pendidikan?
Jawab : Satuan
Pendidikan menggunakan rapor mutu sebagai salah satu bahan perbaikan /
perencanaan kegiatan agar tujuan pendidikan dapat tercapai.
Post
Test
Kerjakan post test
Evaluasi pemahaman modul
Soal
& Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan untuk Perbaikan
Satuan Pendidikan Modul 1
1. Apa saja pertimbangan dalam melakukan
perencanaan?
A. Asumsi terhadap kondisi
belajar-mengajar di kelas
B. Fasilitas di satuan pendidikan
C.
Data-data mengenai peserta didik, guru, dan lingkungan satuan pendidikan
D. Kesamaan dengan program tahun ajaran
lalu
Jawab : C
2. Manakah yang tidak termasuk dalam
elemen Perencanaan Berbasis Data?
A. Melibatkan berbagai pemangku
kepentingan
B. Berdasarkan pada data dan fakta
C.
Menambah sarana dan prasarana fisik
D. Semua benar
Jawab : C
3. Hal apa yang diperlukan dalam
membuat perencanaan satuan pendidikan?
A. Data
B. Perkiraan pribadi
C. Perkiraan kelompok
D. Yang penting dana habis
Jawab : A
😪😪😪
CAPEK .... TOLONG DILANJUT, BRO.
NGANTUK & AMBRUK, NIH. REHAT & RELAX DULU ....
BESUK MASIH KERJA. SORRY POSTING MASIH AMBURADUL BELUM SEMPAT EDIT.
BELUM ADA YANG SHARE JAWABAN UNTUK DICOPAS, SIH. ... JADI TERPAKSA HUNTING & IMPROVISASI SENDIRI.
MASIH GALAU UPLOAD AKSI NYATA, YA ? HEHEHE ... SAMA.
WAH .... NGGAK ADA RESPON BANTUAN. LAINNYA
TERPAKSA DEH MENJELAJAH SENDIRI & MANDIRI LAGI.
SPEKULASI TRIAL & ERROR ? WELL ... SAPERE AUDE (DARE TO KNOW)
Modul 4 Benahi dalam PBD
Dikembangkan
oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
1.
Prinsip Penting
dalam Tahap Benahi
Prinsip Penting dalam Tahap Benahi
Klik
video = https://youtu.be/IDFQFxRH2Ek
Soal 1 dari 1
Apa
tujuan dilakukannya solusi pembenahan?
Untuk
memperbaiki dan meningkatkan capaian pada indikator bermasalahUntuk memperbaiki dan meningkatkan
capaian pada indikator yang menjadi akar permasalahanUntuk
penyusunan program Rencana Kerja TahunanUntuk
penyusunan anggaran pada Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah
Jawab
CERITA
REFLEKTIF
Kesulitan
apa yang Anda alami saat hendak menentukan program yang tepat untuk satuan
pendidikan selama ini?
Sebelum
adanya rapor pendidikan & referensi menu rekomendasi banyak kesulitan yang
kami alami saat hendak menentukan program yang tepat untuk satuan pendidikan
selama ini. Antara lain dalam
mengidentifikasi indikator layanan mana saja yang perlu diintervensi dan
indikator mana yang menjadi Akar masalah agar dapat menentukan program yang
memiliki keluasan dampak paling tinggi dengan anggaran seeffisien mungkin
sesuai kondisi dan kapasitas satuan pendidikan kami..
2.
Memahami Lembar
Rekomendasi PBD (Dikdasmen)
Memahami Lembar Rekomendasi PBD (Dikdasmen)
Klik
video = https://youtu.be/8YD2ScqQVHM
Soal 1 dari 1
Dari
mana satuan pendidikan bisa mendapatkan Lembar Rekomendasi?
Minta
sama satuan pendidikan lainMencari
tahu sendiriMengunduh dari Platform Rapor
PendidikanMengunduh
dari Platform Merdeka Mengajar
CERITA
REFLEKTIF
Bagaimana
Anda akan memanfaatkan lembar yang berisi rekomendasi ini untuk satuan
pendidikan Anda?
Lembar
rekomendasi dari Platform Rapor Pendidikan dari Kemendikbud Ristek akan kami
gunakan sebagai bantuan/masukan referensi
dalam PBD (Perencanaan Berbasis Data)
untuk tindak lanjut kegiatan
pembenahan sesuai dengan sumber daya, situasi & keadaan dalam satuan
pendidikan kami.
3.
Tahap Benahi
Dikdasmen
Klik
video = https://youtu.be/CmVJB16mt0M
Soal 1 dari 1
Ada
berapa rekomendasi benahi yang direkomendasikan kemdibudristek ?
1
(satu)3 (tiga)5
(lima)10 (sepuluh)
Jawab
rekomendasi untuk PAUD =6 DIKDASMEN = 10
CERITA
REFLEKTIF
Hal-hal
penting apa yang Anda pahami tentang memutuskan program pembenahan yang tepat
di satuan pendidikan Anda berdasarkan materi ini?
Perlu
dipertimbangkan dengan matang kegiatan pembenahan apa yang sesuai untuk
mengatasi akar permasalahan yang ingin ditingkatkan capaiannya oleh
satuan pendidikan melalui bantuan perencanaan rekomendasi kegiatan benahi dan
diskusi lanjutan untuk dapat menentukan program yang tepat sasaran sesuai
dengan kebutuhan dan berdampak besar.
4.
Pengembangan
Kegiatan Benahi
Klik
video = https://youtu.be/jGBg1iZlHTE
Di
manakah satuan pendidikan dapat menemukan rekomendasi kegiatan untuk membenahi
akar masalahnya?
Lembar
Rekomendasi PBD untuk DikdasmenLembar
PBD PAUDLembar Uraian ARKAS
untuk DikdasmenSemua benar
CERITA
REFLEKTIF
Bagaimana
Anda akan menyesuaikan rekomendasi yang telah ada dengan kondisi dan kemampuan
di satuan pendidikan Anda?
Dengan
bantuan rekomendasi yang telah diberikan oleh Kemendikbud kami dapat
mengembangkan dan merancang secara bertahap sesuai dengan prioritas
untuk kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan dan sumber daya yang ada
di satuan pendidikan masing-masing atas akar masalah yang ada.
Post Test
Post Test
- Soal 1 dari
8
Dalam
Perencanaan Berbasis Data, apa yang dilakukan setelah menentukan akar masalah
dalam refleksi ?
Menentukan
kegiatan secara detail
Mencermati kegiatan benahi pada rekomendasi
dari Kemdikbudristek
Mencermati
indikator prioritas
Menyusun
tujuan kegiatan
- Soal 2 dari
8
Apa
yang harus dipertimbangkan oleh satuan pendidikan untuk menentukan kegiatan
benahi ?
Dana
BOS yang diterima
Nilai
pada indikator di Rapor Pendidikan
Kondisi, kemampuan, dan sumberdaya satuan
pendidikan
Instruksi
dari kepala sekolah
Post
Test
- Soal 3 dari
8
Dalam
Perencanaan Berbasis Data, apa yang dilakukan setelah menentukan akar masalah
dalam refleksi ?
Menentukan
kegiatan secara detail
Mencermati
kegiatan benahi pada rekomendasi dari Kemdikbudristek
Mencermati
indikator prioritas
Menyusun
tujuan kegiatan
- Soal 3 dari
8
Apa
yang harus dipertimbangkan oleh satuan pendidikan untuk menentukan kegiatan
benahi ?
Dana
BOS yang diterima
Nilai
pada indikator di Rapor Pendidikan
Kondisi,
kemampuan, dan sumberdaya satuan pendidikan
Instruksi
dari kepala sekolah
- Soal 3 dari
8
Rekomendasi
kegiatan Benahi yang ada saat ini disusun berdasarkan sejumlah kategori, kecuali:
Kurikulum
Wilayah satuan pendidikan
Proses
pembelajaran peserta didik
Pendidik
dan tenaga kependidikan
- Soal 4 dari 8
Berdasarkan
cerita Bu Hesti dalam video ini, bagaimana satuan pendidikannya menetapkan
kegiatan Benahi untuk akar masalah Sikap Inklusif yang masih rendah?
Mengikuti beberapa rekomendasi dan merancang
satu kegiatan sendiri
Mengikuti
semua rekomendasi tanpa merancang kegiatan sendiri
Mengikuti
beberapa rekomendasi saja
Tidak
mengikuti rekomendasi, merancan semua program sendiri
- Soal 5 dari 8
1) Perlu merujuk pada rumusan kegiatan Benahi yang disediakan
Kemendikbud Ristek
2) Dirumuskan sebagai solusi pertama untuk mengatasi akar
permasalahan
3)
Dirumuskan sebagai solusi utama untuk mengatasi seluruh akar permasalahan
4) Menyesuaikan kembali pilihan kegiatan Benahi dengan kondisi di
satuan pendidikan
5) Menyesuaikan pilihan kegiatan Benahi dengan sumber daya yang
dimiliki oleh satuan pendidikan
Manakah
pernyataan yang paling tepat untuk dijadikan dasar pertimbangan dalam memilih
kegiatan Benahi?
1, 2, 4, dan 5
1,
2, 3, dan 5
1,
3, 4, dan 5
Semua
benar
- Soal 6 dari
8
Apakah
prinsip penting dalam menetapkan dan meyakini bahwa kegiatan pembenahan sudah
tepat?
Memiliki
potensi dampak paling rendah
Memiliki
potensi permasalahan lanjutan paling rendah
Dapat
menjadi solusi efektif untuk mengatasi seluruh permasalahan
Memiliki anggaran yang paling efisien
potensi dampak
paling tinggi
memiliki anggaran
yang seefisien mungkin
- Soal 7 dari
8
Di
dalam lembar rekomendasi, terdapat 3 lembar di dalamnya. Lembar manakah yang
berisi 5 akar masalah utama untuk dibenahi?
Panduan
membaca
Rekomendasi
Seluruh
rekomendasi
Prioritas rekomendasi
Catatan
2. Prioritas Rekomendasi: Berisi 5
AKAR MASALAH UTAMA berdasarkan nilai terendah dari indikator prioritas level 1,
lembar ini juga bertujuan untuk MEMANDU SATDIK mengidentifikasi prioritas
masalah, merefleksikan akarnya, dan menentukan strategi untuk pembenahan. https://pusatinformasi.raporpendidikan.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/10450006120217-Panduan-Membaca-Lembar-Rekomendasi-Perencanaan-Berbasis-Data-PBD-dan-Lembar-Kerja-Aplikasi-Rencana-Kegiatan-dan-Anggaran-Sekolah-ARKAS-untuk-Dikdasmen
- Soal 8 dari
8
Dari
hasil unduhan Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data, akan diberikan 2 buah
lembar. Lembar apa sajakah itu?
Rapor
dan Rekomendasi
Rekomendasi dan Uraian ARKAS
Rapor
dan Uraian ARKAS
RKT
dan Uraian ARKAS
Catatan
Setelah file berhasil
di unduh, Anda akan mendapat 2 jenis file, yaitu:
1.
Rekomendasi
Perencanaan Berbasis Data (PBD): yaitu lembar yang berisikan
rekomendasi perencanaan berbasis data (PBD) yang menampilkan 5 indikator
terpilih (literasi, numerasi, karakter, keamanan dan kebhinekaan) yang menjadi
prioritas Kemendikbudristek
2.
Uraian Kegiatan
ARKAS: yaitu
lembar yang berisikan rekomendasi kegiatan yang dapat dilaksanakan satuan
pendidikan (berdasarkan rekomendasi PBD) dan kode kegiatan ARKAS terkait
Modul 5 Implementasi Program dalam PBD
Dikembangkan
oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
1.
Refleksi Proses
PBD
Klik
video = https://youtu.be/ICI_zO_3lwA
Soal 1 dari 1
Siapa
saja yang dapat dilibatkan untuk mendapatkan data tambahan mengenai kondisi
satuan pendidikan ?
Tenaga
pendidikPeserta didikOrang
tuaSemua benar
CERITA
REFLEKTIF
Ceritakan
hasil refleksi Anda terhadap proses Perencanaan Berbasis Data berdasarkan
materi ini!
Dengan
memanfaatkan hasil laporan rapor pendidikan dari proses Perencanaan Berbasis
Data sebagai bahan evaluasi dan pedoman perbaikan
berkesinambungan di sepanjang tahun ajaran dalam kita dapat mengetahui
akar permasalahan yang terjadi, merefleksikan akar masalahnya , dan menemukan ide untuk merancang program pembenahan yang sesuai dengan memanfaatkan sumber daya yang sudah dimiliki di satuan pendidikan.
2.
Rapor Pendidikan
dan Perbaikan Berkelanjutan
Rapor Pendidikan dan Perbaikan Berkelanjutan
Klik
video = https://youtu.be/HSB2sSjfAKo
Soal 1 dari 1
Pada
saat kapankah Rapor Pendidikan dapat digunakan?
Awal
tahun ajaranAkhir tahun
ajaranPertengahan semesterKapanpun saat hendak melakukan
pembenahan
CERITA
REFLEKTIF
Bagaimana
Anda akan memanfaatkan Rapor Pendidikan di sepanjang tahun ajaran untuk satuan
pendidikan Anda?
Dikarenakan Rapor Pendidikan memberikan
informasi tentang hasil evaluasi pendidikan berupa Asesmen Nasional bersama
sumber data lainnya maka satuan pendidikan kami dapat membuat perencanaan
kebijakan dan program pendidikan secara lebih terarah, dalam upaya mencapai
tujuan-tujuan pendidikan yang berkualitas.
3.
RKT dalam PBD
Klik
video = https://youtu.be/n5hFhZL_Ncs
Soal 1 dari 1
RKT
adalah ……
Rencana
Kerja TahunanRancangan
Kerja TahunanRevisi Kerja
TahunanRencana Kegiatan
TahunanRancangan Kegiatan
Tahunan
Jawab
CERITA
REFLEKTIF
Bagaimana Anda memaknai manfaat dari
proses Identifikasi-Refleksi-Benahi untuk menyusun program prioritas di dalam
Rencana Kerja Tahunan?
Pemanfaatan
perencanaan berbasis data melalui proses Identifikasi-Refleksi-Benahi terkait
seleksi akar masalah dan program pembenahan yang hendak diimplementasikan yang
lengkap dan rinci akan dapat memudahkan kita dalam membuat rencana kerja
tahunan secara rapih dan sesuai dengan satuan pendidikan.
4.
RKAS dalam PBD
Klik
video = https://youtu.be/DflK0b8fBjo
Soal 1 dari 1
Rencana
Kegiatan Tahunan yang membutuhkan biaya akan dianggarkan oleh Satuan Pendidikan
melalui . . . .
Rencana
Kerja Jangka PendekRencana
Kerja Jangka PanjangRencana
Kerja dan Anggaran SekolahRencana Kegiatan dan Anggaran
Sekolah
CERITA
REFLEKTIF
Bagaimana
Anda memaknai manfaat dari proses Identifikasi-Refleksi-Benahi untuk menyusun
anggaran program prioritas di dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah?
Dengan
memanfaatkan perencanaan berbasis data melalui proses
Identifikasi-Refleksi-Benahi kita dapat menentukan program yang akan diprioritaskan oleh satuan pendidikan dalam satu tahun ajaran baik yang berbiaya maupun yang tidak berbiaya berdasarkan
rencana
kerja tahunan setelah melakukan pengelompokan dalam format
rencana kegiatan dan anggaran sekolah.
5.
Komitmen untuk
Layanan Pendidikan Berkualitas
Komitmen untuk Layanan Pendidikan Berkualitas
Klik
video = https://youtu.be/fLE445uavyM
Soal 1 dari 1
Apa
saja tiga tahapan utama implementasi Perencanaan Berbasis Data?
Identifikasi,
Refleksi, KlarifikasiIdentifikasi,
Evaluasi, KlarifikasiIdentifikasi, Refleksi, BenahiIdentifikasi,
Relaksasi, Benahi
CERITA
REFLEKTIF
Apa yang Anda akan lakukan untuk dapat
menjaga komitmen dalam melakukan perencanaan yang didasarkan pada data dan
berpusat pada murid?
Untuk
mencapai keberhasilan implementasi perencanaan
berbasis data dibutuhkan kerjasama yang solid ,
komitmen yang kuat untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dengan
melakukan pengawasan evaluasi dan konsistensi serta partisipasi dan keterlibatan seluruh pihak dalam satuan pendidikan
Post Test
- Soal 1 dari 15
Bagaimana memulai langkah
dalam melakukan perubahan berdasarkan Perencanaan Berbasis Data?
Segera memilih berbagai
kegiatan pembenahan untuk mengatasi semua permasalahan di satuan pendidikan
Dimulai dengan menentukan
alokasi anggaran untuk melakukan pembenahan di satuan pendidikan
Memulai perubahan setahap demi setahap sesuai kondisi dan kemampuan
satuan pendidikan
Meminta arahan dari dinas
pendidikan untuk dapat melakukan perubahan di satuan pendidikan
- Soal 2 dari
15
Berikut
adalah indikator layanan yang perlu diperhatikan dalam proses Perencanaan
Berbasis Data, kecuali ……
Seluruh
indikator yang bermasalah
Indikator
yang bermasalah
Indikator
yang menjadi akar permasalahan
Indikator yang penting untuk segera
dibenahi satuan pendidikan
- Soal 3 dari
15
Berikut
adalah hal yang perlu difokuskan dalam melakukan refleksi atas pembelajaran
terhadap Perencanaan Berbasis Data, kecuali ……
Fokus
pada situasi yang terjadi
Fokus pada makna atau pelajaran yang
didapatkan
Fokus
pada aksi apa yang akan dilakukan
Fokus
pada solusi apa yang ditemukan
- Soal 4 dari
15
Apa
yang akan terjadi jika saat melakukan pembenahan, kepala satuan pendidikan
tidak memanfaatkan Laporan Rapor Pendidikan dengan baik?
Akan
terjadi kekeliruan dalam melakukan pembenahan
Tidak
akan terjadi peningkatan mutu pada satuan pendidikan
Kurangnya
pemahaman kepala satuan pendidikan dan rekan guru terkait kebutuhan satuan
pendidikannya
Semua benar
- Soal 5 dari
15
Siapa
sajakah yang dapat mempelajari dan mempergunakan Laporan Rapor Pendidikan
sebagai bahan evaluasi pendidikan?
Kepala
satuan pendidikan
Rekan
pendidik
Tenaga
pendidik
Semua bisa mempelajari dan menggunakannya
- Soal 6 dari
15
Ketika
satuan pendidikan merasa belum terjadi peningkatan mutu saat di pertengahan
proses pembenahan, kepala satuan pendidik bersama rekan pendidik dapat mencoba
membuka kembali Laporan Rapor Pendidikan. Lalu, mereka mempelajari kembali
rekomendasi pembenahan yang sudah tersedia untuk diaplikasikan di pembenahan
berikutnya.
Bagaimana
pernyataan di atas menurut Anda?
Benar
Salah
Hampir
benar
Ragu-ragu
- Soal 7 dari
15
Tabel
pada Rencana Kerja Tahunan terdiri dari ……
Masalah - akar masalah - program
Indikator
prioritas - masalah - program
Indikator
- masalah - akar masalah - program
Masalah
- akar masalah - indikator prioritas
- Soal 8 dari 15
- SOAL SAMA DENGAN NOMOR 7 DI ATAS ?
Tabel
pada Rencana Kerja Tahunan terdiri dari ……
Masalah - akar masalah - program
Indikator
prioritas - masalah - program
Indikator
- masalah - akar masalah - program
Masalah
- akar masalah - indikator prioritas
- Soal 9 dari
15
Manakah
di antara pernyataan berikut yang benar?
Profil
Pendidikan adalah hasil akhir dari Perencanaan Berbasis Data (PBD)
Setiap
program pasti memiliki anggaran atau biaya yang harus dikeluarkan
Seluruh program Rencana Kerja Tahunan
penting untuk dilaksanakan
RKT
dan RKAS dapat dirumuskan secara langsung tanpa melihat Rapor Pendidikan
- Soal 10
dari 15
Perhatikan
rincian kegiatan berikut ini :
1)
melakukan refleksi satuan pendidikan terkait kebutuhan dana.
2)
menentukan kegiatan benahi pada RKT
3)
merinci kebutuhan barang dan jasa yang diperlukan
4)
merinci nominal harga barang dan jasa yang diperlukan
Dari
pernyataan di atas, Langkah yang perlu dilakukan ketika akan melakukan
penganggaran ke RKAS adalah . . . .
1
dan 2
2
dan 3
3 dan 4
2
dan 4
- Soal 11
dari 15
Perhatikan
beberapa daftar kegiatan berikut ini:
1)
Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan
kepala sekolah terkait materi kualitas pembelajaran.
2)
Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan
kepala sekolah terkait materi literasi
3)Pemanfaatan
platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah
terkait materi kepemimpinan Instruksional.
4
Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk peningkatan kapasitas guru dan
kepala sekolah terkait materi numerasi
Salah
satu kebutuhan yang perlu dianggarkan dalam RKAS oleh satuan pendidikan yang
paling ......
Honor
narasumber
Honor kegiatan
Honor
panitia
Langganan
internet
- Soal 12
dari 15
Setelah
satuan pendidikan melakukan penganggaran melalui ARKAS, maka tahap berikutnya
yang perlu dilakukan adalah . . . .
Melakukan input RKAS ke ARKAS
Melakukan
input RKAS ke RKJM
Melakukan
input RKT ke RKAS
Melakukan
input RKT ke RKJM
- Soal 13
dari 15
Siapakah
yang berperan penting dalam keberhasilan implementasi Perencanaan Berbasis Data
di satuan pendidikan?
Tenaga
pendidik
Kepala
satuan pendidikan
Orang
tua peserta didik
Seluruh unsur satuan pendidikan
- Soal 14
dari 15
Bagaimanakah
proses pengawasan sebaiknya dilakukan?
Secukupnya
saja
Pengawasan dilakukan secara berkala dan
terus-menerus
Pengecekan
dilakukan ketika kegiatan menemukan masalah
Tidak
perlu pengawasan yang ketat dan rutin
- Soal 15
dari 15
Apa
yang harus satuan pendidikan lakukan jika dalam perjalanan proses kegiatan,
terdapat kekeliruan ataupun hal-hal yang dirasa tidak tepat?
Tetap
melanjutkan kegiatan yang telah direncanakan
Mengabaikan
hal tersebut demi kelanjutan pembenahan
Langsung
mengganti kegiatan dengan yang sesuai dengan satuan pendidikan
Berdiskusi dengan rekan pendidik dan
berbagai unsur satuan pendidikan untuk mencari solusi yang sesuai
Pilih Aksi Nyata 2
Untuk Topik: Implementasi
Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas
1. Melakukan Praktik
Identifikasi-Refleksi-Benahi [Kepala Sekolah]
2.
Melakukan Praktik
Identifikasi-Refleksi-Benahi [Guru]
😴😴😴😴😴😴😴😴😴😴😴😴😴😴😴😴😴
SEKEDAR BERBAGI ALL PMM
SHARE PMM TQ OKE
932,64 MB
0 IHT KURMER
1 TEST PMIKM
2 AKSI NYATA
LINK GOOGLE DRIVE :
https://drive.google.com/drive/folders/1-2GZfSvviB4uLHqUrags9FTWib51Z0Jm
SILAKAN DOWNLOAD YANG ANDA BUTUHKAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar