Ranah Pelatihan Mandiri II
LANGKAH =
https://guru.kemdikbud.go.id/home
https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri
LINK = Topik Aksi Nyata Webinar
Ranah Pelatihan Mandiri I
1.
1 (1) Merdeka Belajar /sudah/
Tentang
pandangan Ki Hadjar Dewantara mengenai pendidikan yang memerdekakan serta
contoh penerapannya.5 modul
2.
2 (2) Kurikulum Merdeka /sudah/
Membahas
bagaimana semua pihak harus menempatkan kepentingan murid sebagai rujukan
pengembangan kurikulum.2 modul
3.
3 (7) Profil Pelajar Pancasila /sudah/
Tentang ke-6
dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila dan imlementasinya dalam pembelajaran 8 modul
4.
4 (3) Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B /sudah/
Membahas proses
perencanaan pembelajaran mulai dari dokumen Capaian Pembelajaran sampai modul
ajar. 3 modul
5.
5 (4) Asesmen SMP - SMA/SMK/ Paket B - C /sudah/
Tentang prinsip
asesmen yang berpusat pada murid, pelaksanaan, serta cara menggunakan hasilnya.3 modul
6.
6 (6) Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan
Karakteristik Murid SMP - SMA/ Paket B-C /sudah/
Tentang
bagaimana mengimplementasikan konsep pembelajaran sesuai tahap capaian murid. 3 modul
7.
7 (5) Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP/ Paket B
/sudah/
Penguatan Profil
Pelajar Pancasila dilakukan melalui kegiatan Projek untuk melihat ketercapaian
kompetensi holisitik para murid. 7 modul
8.
8 (10) Disiplin Positif /sudah/
Tentang
menstimulasi disiplin diri pada murid berlandaskan motivasi internal. 4 modul
9.
9 (11) Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka
/sudah/
Semangat Guru 2
adalah program pengembangan keterampilan non-teknis pendukung implementasi
Kurikulum Merdeka. 3 modul
Plus Ranah Pelatihan Mandiri II
10.
Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan /belum/
(8) Perencanaan
Berbasis Data mendorong satuan pendidikan dalam melakukan perencanaan untuk
memperbaiki diri berdasarkan fakta.2 modul
11.
Refleksi Diri /belum/
(9) Berlatih
menjadi pendidik yang juga pemelajar. 4 modul
PLUS
Perencanaan untuk Perbaikan
Satuan Pendidikan
Link = https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/topik/25
Webinar
Berbagi Tips Lulus Validasi Aksi Nyata Pelatihan
Mandiri (21-12-2022 pk 18:30 - 20:00 WIB
Modul Pelatihan = 2
Modul 1Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data? ( 3 materi)
Modul 2 Bagaimana Proses Perencanaan Dilakukan? (4 materi)
Aksi
Nyata = 1
pilihan Aksi Nyata
Sertifikat
= Kumpulkan
lembar Aksi Nyata Anda agar dapat divalidasi dan berkesempatan memperoleh
sertifikat
TOPIK Perencanaan
untuk Perbaikan Satuan Pendidikan
Modul 1 Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data? ( 3 materi)
Dikembangkan
oleh Dr. Itje Chodijah, M.A.
1.
Refleksi
Perencanaan
Klik
video = https://www.youtube.com/watch?v=C6sAGu2E5Ys
Soal 1 dari 1
Kehadiran asumsi yang kuat
akan membantu satuan pendidikan dalam menentukan perencanaan yang tepat.
A. Benar
B. Salah
Jawab : B
CERITA
REFLEKTIF
Bagaimana
Anda melakukan perencanaan program selama ini untuk satuan pendidikan?
Program
Satuan Pendidikan ditentukan dari tingkat kebutuhan warga sekolah yang diawali
dari analisis kebutuhan, sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan hingga
pelaporan.
2.
Latar Belakang
PBD
Link
video = https://youtu.be/yckmHTFYeio
Latihan
Pemahaman
Apakah
kebiasaan yang ingin diubah dari proses Perencanaan Berbasis Data?
A.
Proses perencanaan harus berdasarkan data kegiatan tahun sebelumnya.
B. Perencanaan yang berdasarkan asumsi
menjadi perencanaan berdasarkan data dan fakta.
C.
Perencanaan yang melibatkan data dari kepala sekolah dan guru saja.
D.
Proses perencanaan yang terkait dengan peningkatan kualitas sarana dan
prasarana fisik.
Jawab : B
CERITA
REFLEKTIF
Apa
arti penting kehadiran Perencanaan Berbasis Data untuk satuan pendidikan Anda?
Jawab :
Perencanaan
Berbasis Data sangat penting bagi satuan pendidikan, karena direncanakan
berdasarkan data riil, bukan hanya sekedar asumsi.
.
3.
Tujuan
Perencanaan, Tujuan Pendidikan
Tujuan Perencanaan, Tujuan Pendidikan
Klik
video = https://youtu.be/yckmHTFYeio
Salah
satu sumber data Perencanaan Berbasis Data adalah rapor pendidikan.
A. Benar
B.
Salah
Jawab : A.
Benar
CERITA
REFLEKTIF
Tulis
refleksi Anda disini...
Bagaimana
kontribusi satuan pendidikan Anda selama ini untuk mencapai tujuan pendidikan?
Jawab : Satuan Pendidikan menggunakan
rapor mutu sebagai salah satu bahan perbaikan / perencanaan kegiatan agar
tujuan pendidikan dapat tercapai.
Post Test
Kerjakan
post test
Evaluasi
pemahaman modul
Soal
& Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan untuk Perbaikan
Satuan Pendidikan Modul 1
1.
Apa saja pertimbangan dalam melakukan perencanaan?
A.
Asumsi terhadap kondisi belajar-mengajar di kelas
B.
Fasilitas di satuan pendidikan
C. Data-data mengenai peserta didik,
guru, dan lingkungan satuan pendidikan
D.
Kesamaan dengan program tahun ajaran lalu
Jawab : C
2.
Manakah yang tidak termasuk dalam elemen Perencanaan Berbasis Data?
A.
Melibatkan berbagai pemangku kepentingan
B.
Berdasarkan pada data dan fakta
C. Menambah sarana dan prasarana fisik
D.
Semua benar
Jawab : C
3.
Hal apa yang diperlukan dalam membuat perencanaan satuan pendidikan?
A. Data
B.
Perkiraan pribadi
C.
Perkiraan kelompok
D.
Yang penting dana habis
Jawab : A
TOPIK Perencanaan
untuk Perbaikan Satuan Pendidikan
Modul 2 Bagaimana Proses Perencanaan Dilakukan? (4 materi)
Dikembangkan oleh Santoso,
MSE
1.
Siklus
Perencanaan
Klik
video = https://youtu.be/L-F-Nk0q7o0
Siklus
perencanaan meliputi hal-hal di bawah ini, kecuali:
A.
Identifikasi
B.
Refleksi
C. Telusuri
D.
Benahi
Jawab : C
CERITA
REFLEKTIF
Dari
siklus perencanaan yang telah dijelaskan dalam video pembelajaran, ceritakan
tahapan apa yang pernah Anda lakukan dalam proses perencanaan program!
Jawab : Perencanaan dilakukan berdasarkan kekuatan dan kelemahan untuk
membenahi satuan pendidikan berdasarkan data yang ada.
2.
Sumber data PBD
Sumber Data Perencanaan Berbasis Data
Klik
video = https://youtu.be/sCtvtausJrg
Di
bawah ini, data manakah yang menjadi sumber data utama dalam proses PBD di
Satuan Pendidikan?
A. Rapor Pendidikan
B.
Asesmen Nasional
C.
Masukan dari orangtua murid
D.
Semua benar
Jawab : A
CERITA
REFLEKTIF
Ceritakan
bagaimana Anda selama ini mengumpulkan data tambahan untuk digunakan sebagai
pertimbangan dalam membuat perencanaan program!
Jawab : Data tambahan berdasarkan analisis kelemahan dan
kekuatan Rapor Pendidikan satuan pendidikan.
3.
Siapa yang
terlibat dalam PBD
Klik
video = https://youtu.be/i5icA3jN6A4
Siapa
yang terlibat dalam Perencanaan Berbasis Data?
A.
Kepala sekolah
B.
Guru
C.
Siswa
D. Semua Benar
Jawab : D
CERITA
REFLEKTIF
Ceritakan
siapa saja yang biasanya Anda libatkan dalam proses perencanaan program di
satuan pendidikan!
Jawab : Yang terlibat dalam proses perencanaan program satuan pendidikan yaitu
seluruh warga sekolah.
4.
Hasil Akhir
Perencanaan Berbasis Data
Hasil Akhir Perencanaan Berbasis Data
Klik
video = https://youtu.be/hHUXt13hM5M
Materi Pelatihan Perencanaan Berbasis Data Satuan
Pendidikan
Materi
Pelatihan Perencanaan Berbasis Data Satuan Pendidikan
Terdapat
empat Indikator untuk terjadinya Transformasi dalam satuan pendidikan
1.
Satuan pendidikan berpihak kepada tumbuh kembang murid
2.
Satuan pendidikan menciptakan lingkungan belajar yang aman,
nyaman, menyenangkan dan inklusif
3.
Satuan pendidikan mengembangkan budaya refleksi berbasis
data
4.
Peningkatan hasil belajar murid, terutama kompetensi fondasi
seperti literasi, numerasi, dan karakter
Profil
Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data memperbaiki permasalahan peningkatan
mutu pendidikan dengan lebih sederhana dan bermakna
Apa
hasil akhir dari PBD?
A.
Rapor Pendidikan
B.
Profil Pendidikan
C. RKT dan RKAS
D.
Perencanaan program
E.
Semua benar
Jawab : C
CERITA
REFLEKTIF
Bagaimana
selama ini Anda menetapkan program untuk dilaksanakan dan dianggarkan dalam
satu tahun ajaran?
Jawab : Penetapan program yang
dilaksanakan dan dianggarkan dalam satu tahun ajaran oleh satuan pendidikan
berdasarkan rapor mutu pendidikan yang digunakan sebagai dasar penyusunan RKT
& RKAS.
Kerjakan post
test
Evaluasi
pemahaman modul
Soal
& Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Perencanaan untuk Perbaikan Satuan
Pendidikan Modul 2
1.
Inti dari perencanaan berbasis data adalah:
A.
Menemukan akar masalah
B.
Melakukan pemutakhiran data
C.
Membaca Rapor Pendidikan
D. Menentukan pilihan kegiatan
Jawab : D
2.
Jika Satuan Pendidikan membutuhkan data tambahan, data manakah yang dapat
digunakan?
A. Warga Sekolah
B.
Dapodik
C.
Tracer Study
D.
Data GPK
Jawab : A
3.
Tujuan diadakannya Perencanaan Berbasis Data adalah…
A Memperbaiki permasalahan peningkatan
mutu pendidikan dengan lebih sederhana dan bermakna.
B.
Meningkatkan mutu pendidikan dengan sebatas pemenuhan dokumen administrasi
C.
Meningkatkan mutu pendidikan dengan mengukur beragam hal
D.
Memperbaiki layanan pendidikan dengan melakukan pengisian borang berkali-kali
Jawab : A
4.
Berikut adalah perencanaan program yang membutuhkan biaya, kecuali…
A.
Pengadaan buku sekolah
B.
Perbaikan lapangan sekolah
C. Pelatihan guru
D.
Pembangunan perpustakaan
E.
Semua membutuhkan biaya
Jawab : C
Aksi Nyata = 1 pilihan Aksi
Nyata
Untuk Topik: Perencanaan
untuk Perbaikan Satuan Pendidikan
1.
Melakukan refleksi bersama rekan guru tentang perencanaan
[kepala sekolah]
Refleksi Diri
Link = https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/topik/22
Webinar
Berbagi Tips Lulus Validasi Aksi Nyata Pelatihan
Mandiri (21-12-2022 pk 18:30 - 20:00 WIB
Modul Pelatihan = 4
Modul 1 Mengapa Refleksi? ( 3 materi)
Modul 2 Memahami Pembelajar Mandiri (4 materi)
Modul 3 Berpikir Reflektif/Refleksi Metakognisi ( 1
materi)
Modul 4 Praktik Refleksi
(2 materi)
Aksi
Nyata = 4
pilihan Aksi Nyata
Sertifikat
= Kumpulkan
lembar Aksi Nyata Anda agar dapat divalidasi dan berkesempatan memperoleh
sertifikat
1.
Apa itu
Refleksi?
Klik
video = https://youtu.be/4-XmIQvEpXk
Ibu
dan Bapak Guru, dokumen ini merupakan pelengkap dari video “Apa itu
Refleksi?”. Dokumen ini berisi materi tambahan untuk memperkaya
pemahaman Ibu dan Bapak Guru terhadap isi video.
Dokumen dapat di unduh di sini
(klik 2 halaman)
Hubungan antara Refleksi dengan Pemelajar Mandiri
Klik
video = https://youtu.be/dzVLmMYe5ho
1.
Pernyataan berikut yang tepat berkaitan dengan refleksi adalah...
A.
Refleksi berarti bercermin dengan orang lain
B. Refleksi membantu kita untuk mengenali
diri
C.
Refleksi merupakan bagian dari evaluasi
D.
Refleksi hanya penting dilakukan oleh peserta didik
Jawab : B
2.
Metakognisi sangat berkaitan erat dengan...
A. Kesadaran diri
B.
Kepercayaan diri
C.
Harga diri
D.
Keyakinan diri
Jawab : A
CERITA
REFLEKTIF
Sebagai
pendidik, apa yang membuat Anda mempelajari topik ini?
Jawab : Awalnya sulit membedakan
Refleksi Pembelajaran dengan Kesimpulan pembelajaran. Setelah mempelajari modul
ini, saya sebagai pendidik baru memahami pentingnya Refleksi dalam pembelajaran,
bukan hanya untuk peserta didik tetapi juga untuk pribadi.
2.
Sikap Dasar dan
Lensa Refleksi
Kegunaan dan Sikap Dasar Refleksi
Klik
video = https://youtu.be/_USu6wPmHjg
Klik
video = https://youtu.be/usFuWc4iSno
1.
Selain diri sendiri, yang termasuk dalam 4 lensa refleksi adalah...
A.
Peserta didik
B.
Rekan sejawat
C.
Literatur
D. Semua benar
Jawab
: D
2.
Pola pikir yang dapat mendukung praktik refleksi kita, kecuali...
A.
Dilakukan dengan sepenuh hati
B.
Jujur dengan diri sendiri
C. Harus dilakukan setiap hari
D.
Rasa tanggung jawab dengan peserta didik
Jawab : C
CERITA
REFLEKTIF
Bagaimana
Anda menilai pola piki Anda selama ini dalam melakukan refleksi? Pola pikir apa
yang masih perlu Anda perbaiki? (Jawablah berdasarkan 3 sikap dasar refleksi
yang sudah dipelajari)
Jawab : Pola pikir yang masih perlu diperbaiki dalam
melakukan refleksi adalah belum melakukan 4 lensa refleksi. Selama ini refleksi
dilakukan hanya dari satu lensa saja yaitu peserta didik, namun lensa lainnya
belum dapat terpenuhi dengan baik.
3.
Membuat Tujuan Belajar
Membuat Tujuan Belajar (Goal Setting)
Klik
video = https://youtu.be/F3Xt0NtdZJ0
Dokumen
ini merupakan rangkuman belajar Modul 'Mengapa Refleksi'. Dokumen ini tidak
menggantikan video, tapi untuk memperkuat pemahaman Ibu dan Bapak Guru. Dokumen
ini juga dapat diunduh di sini.
Dokumen dapat di unduh di sini
(klik
2 halaman)
Terdapat
tiga jenis tujuan yang bisa ditetapkan. Yang tidak termasuk di dalamnya
adalah...
A.
Tujuan Hasil
B.
Tujuan Proses
C.
Tujuan Kinerja
D. Tujuan Prestasi
Jawab : D
CERITA
REFLEKTIF
Sebagai
pendidik, apa hal yang ingin anda kembangkan pada diri Anda? Dari hal itu,
tujuan belajar apa yang bisa Anda buat? (gunakan metode SMART dalam merumuskan
tujuan Anda)
Jawab : Yang ingin saya kembangkan pada diri saya yaitu
meningkatkan kompetensi diri. Kompetensi bukan hanya dilihat dari sisi
profesional melainkan pedagogis.
Post Test
Kerjakan
post test
Evaluasi
pemahaman modul
Soal
& Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Refleksi Diri Modul 1
1.
Tindakan berpikir tentang pemikiran diri merupakan definisi dari...
A.
Refleksi diri
B.
Kesadaran diri
C.
Harga diri
D. Metakognisi
Jawab : D.
2.
Menetapkan tujuan adalah bagian dari proses regulasi diri yang termasuk ke
dalam fase...
A. Pemikiran awal
B.
Kinerja
C.
Refleksi Diri
D.
Evaluasi
Jawab : A
3.
Manfaat refleksi dalam pembelajaran bagi Pendidik adalah, kecuali...
A.
Mengevaluasi proses pembelajaran yang telah dilakukan
B.
Menyampaikan harapan terhadap pembelajaran yang akan dijalani
C.
Memahami apa saja keperluan dan kebutuhan belajar dari peserta didik
D. Mengenali kekuatan dan kelemahan
yang ada dalam diri
Jawab : D
4.
Anda merefleksikan pendapat murid mengenai pengalaman belajar mereka di kelas.
Anda melakukan refleksi dengan menggunakan lensa...
A.
Lensa diri
B. Lensa pemelajar
C.
Lensa rekan sejawat
D.
Lensa teori/literatur
Jawab : B
5.Berikut
pertanyaan yang benar mengenai refleksi adalah...
A.
Refleksi harus dilakukan setiap hari
B. Refleksi membutuhkan pemikiran yang
terbuka
C.
Refleksi harus dipaksa agar konsisten
D.
Refleksi harus dilakukan sendirian
Jawab : B
TOPIK Refleksi
Diri
Modul 2 Memahami Pembelajar Mandiri (4 materi)
Dikembangkan
oleh Tanoto Foundation.
1.
Mengenal
Regulasi Diri 1: Fase Pemikiran Awal
Mengenal Regulasi Diri 1: Fase Pemikiran Awal
Klik
video = https://youtu.be/8Wd_0oMHMy4
Ibu
dan Bapak Guru, dokumen ini merupakan dokumen pelengkap dari video “Mengenal
Regulasi Diri 1: Fase Pemikiran Awal”. Dokumen ini berisi materi
tambahan untuk memperkaya pemahaman Ibu dan Bapak Guru akan isi video,
khususnya tentang istilah efikasi diri dalam sub proses Motivasi Diri di Fase
Pemikiran Awal.
Setelah
menyimak video tersebut, Ibu dan Bapak dapat menggunakan dokumen ini untuk:
- Mendapatkan
pengetahuan lanjutan mengenai pengertian efikasi diri.
- Memahami
faktor pembentuk efikasi diri.
- Mengetahui
strategi meningkatkan efikasi diri pemelajar.
Dokumen ini dapat di unduh di
sini
Dokumen
ini merupakan dokumen penyerta berisi lembar kerja yang dapat memandu Ibu dan
Bapak melakukan refleksi dalam membangun siklus regulasi diri dalam
keseharian sebagai pendidik. Dalam dokumen ini, kita akan lebih berfokus pada Fase
Pemikiran Awal dalam siklus regulasi diri. Fase pemikiran
awal merupakan proses regulasi diri sebelum melakukan
kegiatan belajar.
Lampiran Fase Pemikiran Awal
dapat di unduh di sini
Fase
pertama pada model siklus proses regulasi diri oleh Zimmerman adalah...
A.
Fase performa
B. Fase pemikiran awal
C.
Fase refleksi diri
D.
Fase observasi diri
Jawab : B
CERITA
REFLEKTIF
Kondisi
seperti apa yang biasanya membuat Anda belajar lebih optimal?
Jawab : Kondisi belajar agar optimal
biasanya tergantung pada karakter seseorang. Ada yang belajar lebih optimal
saat kondisi sepi agar fokus, ada juga yang dapat dengan optimal dalam segala
kondisi. Saya cenderung dapat menguasai segala kondisi, apalagi jika terdapat
tujuan yang harus dicapai.
2.
Mengenal
Regulasi Diri 2: Fase Aksi
Mengenal Regulasi Diri 2: Fase Aksi
Klik
video = https://youtu.be/wDKVF6wCofY
Strategi Menjaga Fokus dan Konsentrasi pada Tugas
Ibu
dan Bapak Guru, dokumen ini merupakan pelengkap dari video “Mengenal Regulasi
Diri 2: Fase Aksi”. Dokumen ini berisi materi tambahan untuk
memperkaya pemahaman Ibu dan Bapak Guru akan isi video. Setelah menyimak video
tersebut, Ibu dan Bapak dapat menggunakan dokumen ini untuk:
· Mendapatkan
pengetahuan lanjutan mengenai fokus dan konsentrasi pada tugas.
· Mengukur
fokus diri secara mandiri.
Dokumen dapat di unduh di sini /broken link ?/
(klik
2 halaman)
Dokumen
ini merupakan dokumen penyerta berisi lembar kerja yang dapat memandu Ibu dan
Bapak melakukan refleksi dalam membangun siklus regulasi diri dalam
keseharian sebagai pendidik. Dalam dokumen ini, kita akan lebih berfokus
pada Fase Aksi dalam siklus regulasi diri. Fase
aksi merupakan proses regulasi diri saat melakukan kegiatan
belajar.
Lampiran Fase Aksi dapat di
unduh di sini
Proses
regulasi diri saat kegiatan belajar berlangsung disebut...
A.
Fase Pemahaman Awal
B. Fase Aksi
C.
Fase Observasi
D.
Fase Refleksi
Jawab : B
CERITA
REFLEKTIF
Salah
satu proses regulasi diri dalam fase aksi adalah pengendalian diri. Apa hal
yang biasanya membuat Anda teralihkan dari tujuan/tugas?
Jawab : Berdasarkan pengalaman saya, tidak ada hal yang mengalihkan
pengendalian diri dalam fase aksi.
3.
Mengenal
Regulasi Diri 3: Fase Refleksi Diri
Mengenal Regulasi Diri 3: Fase Refleksi Diri
Klik
video = https://youtu.be/SrGVCbAeYdk
Dokumen
ini merupakan dokumen penyerta berisi lembar kerja yang dapat memandu Ibu dan
Bapak melakukan refleksi dalam membangun siklus regulasi diri dalam
keseharian sebagai pendidik. Dalam dokumen ini, kita akan lebih berfokus
pada Fase Refleksi Diri dalam siklus regulasi diri. Fase
refleksi diri merupakan proses regulasi diri setelah
melakukan kegiatan belajar.
Lampiran Fase Refleksi Diri
dapat di unduh di sini
Evaluasi
diri dan atribusi kausal merupakan komponen dari sub proses...
A.
Reaksi Diri
B. Penilaian Diri
C.
Refleksi Diri
D.
Motivasi Diri
Jawab
: B
CERITA
REFLEKTIF
Apa
apresiasi yang biasa Anda berikan pada diri sendiri jika berhasil mencapai suatu
tujuan?
Jawab : Cara mengapresiasi apabila
tujuan telah tercapai adalah dengan tidak cepat merasa puas dengan apa yang
didapatkan dan selalu meningkatkan kompetensi dan semangat terus
berlatih/belajar.
4.
Memahami Diri
Klik
video = https://youtu.be/ynQxdLh2sGs
Modul 2: Memahami Pemelajar Mandiri
Ibu
dan Bapak Guru, dokumen ini merupakan rangkuman belajar modul ‘Memahami
Pemelajar Mandiri’. Dokumen ini tidak menggantikan video, tapi untuk membantu
memperkuat pemahaman Ibu dan Bapak.
Lampiran Memahami Pemelajar Mandiri dapat di unduh di
sini
Mencatatkan
proses yang sudah dijalani, akan membantu refleksi. Istilah lain untuk proses
mencatat ini adalah...
A.
Observasi
B.
Refleksi
C. Dokumentasi
D.
Papan visi
Jawab : C
CERITA
REFLEKTIF
Cobalah
berpikir sejenak dan identifikasi hal berikut yang berkaitan dengan sosok Anda
sebagai pemelajar. - kekuatan - area yang perlu dikembangkan
Jawab : Kekuatan saya adalah pantang menyerah. Area yang perlu dikembangkan
adalah pemahaman dalam lingkup luas.
Post Test
Kerjakan
post test
Evaluasi
pemahaman modul
1.
Proses yang mengaktivasi pemikiran, perilaku, dan perasaan yang terus menerus
dalam upaya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan, adalah pengertian dari…
A.
Proses belajar mandiri
B.
Proses evaluasi diri
C. Proses regulasi diri
D.
Proses refleksi diri
Jawab : C
2.
Pandangan pribadi atas kemampuan diri dalam melakukan atau mencapai suatu hal,
disebut....
A.
Kesombongan diri
B. Efikasi diri
C.
Visi pribadi
D.
Pengamatan diri
Jawab : B.
3.
Mengapa seorang pemelajar mandiri didorong untuk mencoba cara lain dalam proses
belajarnya?
A.
Agar dapat mengetahui berapa lama waktu yang di perlukan untuk mempelajari
sebuah topik.
B.
Agar dapat menyesuaikan kecepatan belajar dibandingkan waktu yang tersedia.
C. Agar dapat membandingkan strategi
mana yang lebih efektif untuk belajar.
D.
Agar dapat mempertahankan fokus dan konsentrasi terhadap tujuan pembelajaran.
Jawab : C
4.
Setelah melalui proses belajar mandiri, Bu Lia merasa dengan menonton video
tentang suatu materi, ia lebih paham dibandingkan belajar hanya dengan membaca
literatur. Hal yang dirasakan Bu Lia termasuk dalam sub proses....
A.
Atribusi Kasual
B.
Kepuasan Diri
C. Reaksi Adaftif
D.
Reaksi Defensif
Jawab : C
TOPIK Refleksi
Diri
Modul 3 Berpikir Reflektif/Refleksi Metakognisi ( 1
materi)
Dikembangkan
oleh Tanoto Foundation.
1. Berpikir Reflektif
Klik
video = https://youtu.be/WoxzZoq8DM8
Pentingnya Refleksi dalam Proses Belajar
Klik
video = https://youtu.be/SaJiMlDrUmU
Modul 3: Berpikir Reflektif/Refleksi Metakognisi
Ibu
dan Bapak Guru, dokumen ini merupakan rangkuman belajar modul ‘Berpikir
Reflektif/Refleksi Metakognisi’. Dokumen ini tidak menggantikan video, tapi
untuk membantu memperkuat pemahaman Ibu dan Bapak.
Dokumen ini dapat di unduh di
sini
1.
Refleksi cukup dilakukan saat sudah mendapatkan hasil.
A.
Benar
B. Salah
Jawab : B
2.
Berefleksi itu penting bagi pemelajar yang mandiri, karena...
A.
Mendorong kita memiliki pengetahuan yang komprehensif
B.
Mendorong kita memiliki motivasi yang tepat
C.
Mendorong kita memelihara kesempatan mencapai tujuan belajar
D. Semua benar
Jawab : D
CERITA
REFLEKTIF
Sebelumnya
Anda sudah membuat tujuan belajar yang ingin Anda capai dari topik ini.
Sekarang mari refleksikan, langkah apa yang sudah Anda lakukan untuk mencapai
tujuan tersebut?
Jawab : Langkah yang sudah saya lakukan adalah memperbaiki pola pikir,
mengembangkan kompetensi serta melakukan pengendalian diri.
Post
Test
Kerjakan
post test
Evaluasi
pemahaman modul
1.
Refleksi sebaiknya dilakukan di akhir pembelajaran atau saat sudah mendapatkan
hasil asesmen akhir murid...
A.
Benar
B. Salah
Jawab : B
2.
Hal apa yang menjadi kekurangan saya?
Pertanyaan
di atas merupakan contoh praktik metakognisi/refleksi dalam ...
A. Pengetahuan yang komprehensif
B.
Motivasi Intrinsik
C.
Disiplin diri
D.
Semua benar
Jawab : A
3.
Urutan yang benar dalam tahapan 3R adalah...
A.
rehat-rencana-refleksi
B. rehat-refleksi-rencana
C.
refleksi-rencana-rehat
D.
rencana-refleksi-rehat
Jawab : B
1.
Memulai Refleksi
Klik
video = https://youtu.be/6j3J3Z4gdG0
Klik
video = https://youtu.be/XL-hBWpOIgk
Salah
satu tips yang dapat membantu kegiatan refleksi kita menjadi kebiasaan yang
menyenangkan untuk dilakukan ialah Tulislah atau Rekamlah catatan refleksi pada
sebuah catatan atau jurnal khusus. Yakinlah Ibu dan Bapak, apa yang kita tulis
dalam kegiatan refleksi akan menjadi catatan yang berguna untuk memperbaiki
diri dan kualitas pembelajaran kita di kelas.
Dokumen Tips Refleksi dapat di
unduh di sini
1.
Kapan proses refleksi dapat dilakukan?
A.
Saat kita gagal mencapai suatu target
B.
Saat kita ingin mengevaluasi suatu proses
C.
Saat kita berhasil mencapi suatu target
D. Setiap saat
Jawab : D
2.
Tips 6-lah agar membuat kegiatan refleksi yang menyenangkan adalah...
A.
Berkomitmenlah-bercerminlah-tulislah-rekamlah-carilah teman-rayakanlah
B.
Berkomitmenlah-berdialoglah-tulislah-rekamlah-carilah teman-rayakanlah
C.
Berkomitmenlah-bercerminlah-tulislah-rekamlah-carilah teman-berdoalah
D.
Berkomitmenlah-berdialoglah-perbaikilah-rekamlah-carilah teman-rayakanlah
Jawab : A
CERITA
REFLEKTIF
Selama
ini, apa yang biasanya menghambat Anda memulai refleksi? Lalu apa yang bisa
Anda lakukan untuk melakukan refleksi dengan konsisten?
Jawab : Tidak ada hal yang menghambat dalam melakukan refleksi.
2.
Model Refleksi
Model Refleksi: Awal-Tengah-Akhir Pembelajaran
Klik
video = https://youtu.be/P8Ql8VrBa2E
Model Refleksi: Situasi-Makna-Aksi
Klik
video = https://youtu.be/P03V0DGHlnU
Ibu dan Bapak Guru, ada banyak
ragam model yang bisa digunakan untuk melakukan refleksi. Semua model ini
berperan sebagai pemandu agar proses refleksi bisa dilakukan secara
optimal. Dokumen ini merupakan dokumen penyerta berisi lembar kerja yang
dapat memandu Ibu dan Bapak melakukan refleksi dalam 2 ragam model.
Berikut
lembar kerja model refleksi
Dokumen Lembar Kerja Model
Refleksi dapat di unduh di sin
Ibu
dan Bapak Guru, dokumen ini merupakan rangkuman belajar modul ‘Praktik
Refleksi’. Dokumen ini tidak menggantikan video, tapi untuk membantu memperkuat
pemahaman Ibu dan Bapak. Jadi kami tetap merekomendasikan Ibu dan Bapak untuk
menyimak video dan menggunakan dokumen ini.
Modul Praktik Berefleksi dapat
di unduh di sini
1.
Tahap apa yang pertama kali dilakukan saat mempraktikkan model refleksi
Awal-Tengah-Akhir Pembelajaran?
A. Menjawab pertanyaan-pertanyaan
sebelum dilakukan pembelajaran
B.
Menjawab pertanyaan-pertanyaan selama proses pembelajaran
C.
Menjawab pertanyaan-pertanyaan sesudah proses pembelajaran.
D.
Menjawab pertanyaan-pertanyaan sesudah membuat laporan.
Jawab : A
2.
Tahap apa yang pertama kali dilakukan saat mempraktikkan model refleksi
Situasi-Makna-Aksi?
A. Menggambarkan situasi atau
permasalahan yang terjadi
B.
Memaknai dan mengambil pelajaran dari suatu peristiwa
C.
Melibatkan lingkungan untuk menemukan solusi bersama
D.
Merancang langkah aksi untuk menyelesaikan masalah
Jawab : A
CERITA
REFLEKTIF
Dari
2 model refleksi yang dipelajari, model mana yang Anda mau coba gunakan?
Mengapa?
Jawab : Model yang akan saya coba adalah model refleksi Awal-Tengah-Akhir
Pembelajaran, karena refleksi dilakukan selama proses pembelajaran.
Post Test
Kerjakan
post test
Evaluasi
pemahaman modul
1.
Pak Amin Badru, seorang guru SMK, merasa
kesulitan menghadapi sebuah kelas. Setiap Pak Amin masuk ke kelas, peserta
didik mengobrol dengan riuh dan tidak ada yang memperhatikan pelajaran. Apa
tindakan yang harus diambil Pak Amin untuk mengatasi kondisi tersebut?
A.
Melaporkan kondisi kelas pada kepala sekolah unutk segera menindak tegas
peserta didik yang tidak menghormati guru
B.
Keluar dari kelas lalu meminta guru lain menggantikan tugas Pak Amin agar
pembelajaran bisa kembali berlangsung
C. Melakukan refleksi dengan memetakan
situasi, mencari tahu apa yang perlu dilakukan, lalu melakukan aksi.
D.
Menghubungi orang tua lalu mendiskusikan permasalahn yang terjadi dikelas dan
mencari solusi bersam-sama.
Jawab : C.
2.
Berikut yang bukan manfaat melakukan refleksi di tengah pembelajaran adalah?
A.
Melihat repon peserta didik terhadap pelaksanaan kegiatan belajar yang sudah
dipersiapkan guru.
B.
Memeriksa sejauh mana pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran
C. Memeriksa finalisasi kesiapan
perangkat pembelajaran
D.
Melakukan penyesuaian saat kegiatan pembelajaran masih berlangsung berdasarkan
respon peserta didik
Jawab : C.
3.
Perhatikan cerita di bawah ini!
Ibu
Rita termasuk guru yang rajin membuat kegiatan refleksi diri dengan meminta
umpan balik dari teman sejawatnya. Bahkan ia meminta temannya tersebut untuk
melihat rekaman pembelajarannya. Dengan hal ini Bu Rita selalu merasa bahwa
kegiatan refleksi itu menyenangkan karena ia dibantu oleh teman-temannya.
Dari
ilustrasi cerita di atas, tips refleksi yang sudah dijalankan oleh Bu Rita
adalah...
A.
Rayakanlah
B. Carilah teman
C.
Rekamlah
D.
Bercerminlah
Jawab : B
2.
Saat melakukan refleksi, sebaiknya kita berjarak dari keriuhan situasi, agar...
A.
tidak ketahuan orang lain
B. bisa lebih tanang dan jujur saat
berdialog dengan diri
C.
bisa berkosentrasi
D.
prosesnya lebih lancar
Jawab : B.
Aksi Nyata = 4 pilihan Aksi
Nyata
Untuk
Topik: Refleksi Diri
2.
Praktik Model Refleksi
Situasi-Makna-Aksi
3.
Praktik Model Refleksi
Awal-Tengah-Akhir Pembelajaran
4.
Melatih Regulasi Diri
5.
Membuat Buku Harian Refleksi
Pelatihan
Mandiri
Merdeka Belajar
Seri Pelatihan
Kumpulan topik-topik berkaitan yang sudah
dikelompokkan ke dalam satu tema pembelajaran
1. Menciptakan
Kelas Merdeka Belajar 3 Topik
2. Merencanakan
Pembelajaran yang Bermakna 5 Topik
3. Meningkatkan
Praktik Mengajar yang Berpusat pada Peserta Didik 4 Topik
Webinar
Berbagi Tips Lulus Validasi Aksi Nyata Pelatihan
Mandiri
Waluyo Agus Widodo, S.Pd.SD, Kiki Nurul Aisyi, S.Pd,
Kasmiyana Sulistiowati S.Pd.Mat., M.Pd., Mega Safira
21 DES +1
18:30 - 20:00 WIB