Selasa, 20 Desember 2022

PLUS PMM 2022 AKHIR TAHUN

 

Ranah Pelatihan Mandiri II

LANGKAH =

https://guru.kemdikbud.go.id/home

https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri

 

LINK = Topik  Aksi Nyata Webinar

Ranah Pelatihan Mandiri I

1.        1 (1) Merdeka Belajar /sudah/

Tentang pandangan Ki Hadjar Dewantara mengenai pendidikan yang memerdekakan serta contoh penerapannya.5 modul

2.        2 (2) Kurikulum Merdeka /sudah/

Membahas bagaimana semua pihak harus menempatkan kepentingan murid sebagai rujukan pengembangan kurikulum.2 modul

3.        3 (7) Profil Pelajar Pancasila /sudah/

Tentang ke-6 dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila dan imlementasinya dalam pembelajaran 8 modul

4.        4 (3) Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B /sudah/

Membahas proses perencanaan pembelajaran mulai dari dokumen Capaian Pembelajaran sampai modul ajar. 3 modul

5.        5 (4) Asesmen SMP - SMA/SMK/ Paket B - C /sudah/

Tentang prinsip asesmen yang berpusat pada murid, pelaksanaan, serta cara menggunakan hasilnya.3 modul

6.        6 (6) Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SMP - SMA/ Paket B-C /sudah/

Tentang bagaimana mengimplementasikan konsep pembelajaran sesuai tahap capaian murid. 3 modul

7.        7 (5) Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP/ Paket B /sudah/

Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan melalui kegiatan Projek untuk melihat ketercapaian kompetensi holisitik para murid. 7 modul

8.        8 (10) Disiplin Positif /sudah/

Tentang menstimulasi disiplin diri pada murid berlandaskan motivasi internal. 4 modul

9.        9 (11) Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka /sudah/

Semangat Guru 2 adalah program pengembangan keterampilan non-teknis pendukung implementasi Kurikulum Merdeka. 3 modul

Plus Ranah Pelatihan Mandiri II

10.     Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan /belum/

(8) Perencanaan Berbasis Data mendorong satuan pendidikan dalam melakukan perencanaan untuk memperbaiki diri berdasarkan fakta.2 modul

11.     Refleksi Diri /belum/

(9) Berlatih menjadi pendidik yang juga pemelajar. 4 modul

 


 

PLUS

Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan

Link = https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/topik/25

Webinar

Berbagi Tips Lulus Validasi Aksi Nyata Pelatihan Mandiri (21-12-2022 pk 18:30 - 20:00 WIB

Modul Pelatihan = 2

Modul 1Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data? ( 3 materi)

Modul 2 Bagaimana Proses Perencanaan Dilakukan? (4 materi)

Aksi Nyata = 1 pilihan Aksi Nyata

Sertifikat = Kumpulkan lembar Aksi Nyata Anda agar dapat divalidasi dan berkesempatan memperoleh sertifikat

 

TOPIK Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan

Modul 1 Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data? ( 3 materi)

Dikembangkan oleh Dr. Itje Chodijah, M.A.

 

1.     Refleksi Perencanaan

 

Refleksi Perencanaan

Klik video = https://www.youtube.com/watch?v=C6sAGu2E5Ys

 

Latihan Pemahaman

Soal 1 dari 1

Kehadiran asumsi yang kuat akan membantu satuan pendidikan dalam menentukan perencanaan yang tepat.

A. Benar

B. Salah

Jawab : B

 

CERITA REFLEKTIF

Bagaimana Anda melakukan perencanaan program selama ini untuk satuan pendidikan?

Program Satuan Pendidikan ditentukan dari tingkat kebutuhan warga sekolah yang diawali dari analisis kebutuhan, sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan.

 

2.     Latar Belakang PBD

Latar Belakang PBD

Link video = https://youtu.be/yckmHTFYeio

Latihan Pemahaman

Latihan Pemahaman

Apakah kebiasaan yang ingin diubah dari proses Perencanaan Berbasis Data?

A. Proses perencanaan harus berdasarkan data kegiatan tahun sebelumnya.

B. Perencanaan yang berdasarkan asumsi menjadi perencanaan berdasarkan data dan fakta.

C. Perencanaan yang melibatkan data dari kepala sekolah dan guru saja.

D. Proses perencanaan yang terkait dengan peningkatan kualitas sarana dan prasarana fisik.

Jawab : B

 

CERITA REFLEKTIF

Apa arti penting kehadiran Perencanaan Berbasis Data untuk satuan pendidikan Anda?

Jawab :

Perencanaan Berbasis Data sangat penting bagi satuan pendidikan, karena direncanakan berdasarkan data riil, bukan hanya sekedar asumsi.

.

3.     Tujuan Perencanaan, Tujuan Pendidikan

 

Tujuan Perencanaan, Tujuan Pendidikan

Klik video = https://youtu.be/yckmHTFYeio

 

Latihan Pemahaman

Salah satu sumber data Perencanaan Berbasis Data adalah rapor pendidikan.

A. Benar

B. Salah

Jawab : A. Benar

 

CERITA REFLEKTIF

Tulis refleksi Anda disini...

Bagaimana kontribusi satuan pendidikan Anda selama ini untuk mencapai tujuan pendidikan?

Jawab : Satuan Pendidikan menggunakan rapor mutu sebagai salah satu bahan perbaikan / perencanaan kegiatan agar tujuan pendidikan dapat tercapai.

 

Post Test

Kerjakan post test

Evaluasi pemahaman modul

 

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan Modul 1

1. Apa saja pertimbangan dalam melakukan perencanaan?

A. Asumsi terhadap kondisi belajar-mengajar di kelas

B. Fasilitas di satuan pendidikan

C. Data-data mengenai peserta didik, guru, dan lingkungan satuan pendidikan

D. Kesamaan dengan program tahun ajaran lalu

Jawab : C

 

2. Manakah yang tidak termasuk dalam elemen Perencanaan Berbasis Data?

A. Melibatkan berbagai pemangku kepentingan

B. Berdasarkan pada data dan fakta

C. Menambah sarana dan prasarana fisik

D. Semua benar

Jawab : C

 

3. Hal apa yang diperlukan dalam membuat perencanaan satuan pendidikan?

A. Data

B. Perkiraan pribadi

C. Perkiraan kelompok

D. Yang penting dana habis

Jawab : A

 

TOPIK Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan

Modul 2 Bagaimana Proses Perencanaan Dilakukan? (4 materi)

Dikembangkan oleh Santoso, MSE

 

1.     Siklus Perencanaan

 

Siklus Perencanaan

Klik video = https://youtu.be/L-F-Nk0q7o0

 

Latihan Pemahaman

Siklus perencanaan meliputi hal-hal di bawah ini, kecuali:

A. Identifikasi

B. Refleksi

C. Telusuri

D. Benahi

Jawab : C

 

CERITA REFLEKTIF

Dari siklus perencanaan yang telah dijelaskan dalam video pembelajaran, ceritakan tahapan apa yang pernah Anda lakukan dalam proses perencanaan program!

Jawab : Perencanaan dilakukan berdasarkan kekuatan dan kelemahan untuk membenahi satuan pendidikan berdasarkan data yang ada.

 

2.     Sumber data PBD

 

Sumber Data Perencanaan Berbasis Data

Klik video = https://youtu.be/sCtvtausJrg

 

Latihan Pemahaman

Di bawah ini, data manakah yang menjadi sumber data utama dalam proses PBD di Satuan Pendidikan?

A. Rapor Pendidikan

B. Asesmen Nasional

C. Masukan dari orangtua murid

D. Semua benar

Jawab : A

 

CERITA REFLEKTIF

Ceritakan bagaimana Anda selama ini mengumpulkan data tambahan untuk digunakan sebagai pertimbangan dalam membuat perencanaan program!

Jawab : Data tambahan berdasarkan analisis kelemahan dan kekuatan Rapor Pendidikan satuan pendidikan.

 

3.     Siapa yang terlibat dalam PBD

 

Siapa yang terlibat dalam PBD

Klik video = https://youtu.be/i5icA3jN6A4

 

Latihan Pemahaman

Siapa yang terlibat dalam Perencanaan Berbasis Data?

A. Kepala sekolah

B. Guru

C. Siswa

D. Semua Benar

Jawab : D

 

CERITA REFLEKTIF

Ceritakan siapa saja yang biasanya Anda libatkan dalam proses perencanaan program di satuan pendidikan!

Jawab : Yang terlibat dalam proses perencanaan program satuan pendidikan yaitu seluruh warga sekolah.

 

4.     Hasil Akhir Perencanaan Berbasis Data

 

Hasil Akhir Perencanaan Berbasis Data

Klik video = https://youtu.be/hHUXt13hM5M

 

Materi Pelatihan Perencanaan Berbasis Data Satuan Pendidikan

Materi Pelatihan Perencanaan Berbasis Data Satuan Pendidikan

Terdapat empat Indikator untuk terjadinya Transformasi dalam satuan pendidikan

1.        Satuan pendidikan berpihak kepada tumbuh kembang murid

2.        Satuan pendidikan menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan dan inklusif

3.        Satuan pendidikan mengembangkan budaya refleksi berbasis data

4.        Peningkatan hasil belajar murid, terutama kompetensi fondasi seperti literasi, numerasi, dan karakter

Profil Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data memperbaiki permasalahan peningkatan mutu pendidikan dengan lebih sederhana dan bermakna

 

Latihan Pemahaman

Apa hasil akhir dari PBD?

A. Rapor Pendidikan

B. Profil Pendidikan

C. RKT dan RKAS

D. Perencanaan program

E. Semua benar

Jawab : C

 

CERITA REFLEKTIF

Bagaimana selama ini Anda menetapkan program untuk dilaksanakan dan dianggarkan dalam satu tahun ajaran?

Jawab : Penetapan program yang dilaksanakan dan dianggarkan dalam satu tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan rapor mutu pendidikan yang digunakan sebagai dasar penyusunan RKT & RKAS.

 

Kerjakan post test

Evaluasi pemahaman modul

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan Modul 2

 

1. Inti dari perencanaan berbasis data adalah:

A. Menemukan akar masalah

B. Melakukan pemutakhiran data

C. Membaca Rapor Pendidikan

D. Menentukan pilihan kegiatan

Jawab : D

 

2. Jika Satuan Pendidikan membutuhkan data tambahan, data manakah yang dapat digunakan?

A. Warga Sekolah

B. Dapodik

C. Tracer Study

D. Data GPK

Jawab : A

 

3. Tujuan diadakannya Perencanaan Berbasis Data adalah…

A Memperbaiki permasalahan peningkatan mutu pendidikan dengan lebih sederhana dan bermakna.

B. Meningkatkan mutu pendidikan dengan sebatas pemenuhan dokumen administrasi

C. Meningkatkan mutu pendidikan dengan mengukur beragam hal

D. Memperbaiki layanan pendidikan dengan melakukan pengisian borang berkali-kali

Jawab : A

 

4. Berikut adalah perencanaan program yang membutuhkan biaya, kecuali…

A. Pengadaan buku sekolah

B. Perbaikan lapangan sekolah

C. Pelatihan guru

D. Pembangunan perpustakaan

E. Semua membutuhkan biaya

Jawab : C

 

Aksi Nyata = 1 pilihan Aksi Nyata

Untuk Topik: Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan

1.        Melakukan refleksi bersama rekan guru tentang perencanaan [kepala sekolah]

 


 

Refleksi Diri

Link = https://guru.kemdikbud.go.id/pelatihan-mandiri/topik/22

Webinar

Berbagi Tips Lulus Validasi Aksi Nyata Pelatihan Mandiri (21-12-2022 pk 18:30 - 20:00 WIB

Modul Pelatihan = 4

Modul 1 Mengapa Refleksi?  ( 3 materi)

Modul 2 Memahami Pembelajar Mandiri (4 materi)

Modul 3 Berpikir Reflektif/Refleksi Metakognisi  ( 1 materi)

Modul 4 Praktik Refleksi  (2 materi)

Aksi Nyata = 4 pilihan Aksi Nyata

Sertifikat = Kumpulkan lembar Aksi Nyata Anda agar dapat divalidasi dan berkesempatan memperoleh sertifikat

 

 

TOPIK Refleksi Diri

Modul 1 Mengapa Refleksi?  ( 3 materi)

Dikembangkan oleh Tanoto Foundation.

 

1.     Apa itu Refleksi?

 

Apa itu Refleksi?

Klik video = https://youtu.be/4-XmIQvEpXk

 

Manfaat Kebiasaan Refleksi

Ibu dan Bapak Guru, dokumen ini merupakan pelengkap dari video “Apa itu Refleksi?”. Dokumen ini berisi materi tambahan untuk memperkaya pemahaman Ibu dan Bapak Guru terhadap isi video.

Dokumen dapat di unduh di sini

(klik  2 halaman)

 

Hubungan antara Refleksi dengan Pemelajar Mandiri

Klik video = https://youtu.be/dzVLmMYe5ho

 

Latihan Pemahaman

1. Pernyataan berikut yang tepat berkaitan dengan refleksi adalah...

A. Refleksi berarti bercermin dengan orang lain

B. Refleksi membantu kita untuk mengenali diri

C. Refleksi merupakan bagian dari evaluasi

D. Refleksi hanya penting dilakukan oleh peserta didik

Jawab : B

2. Metakognisi sangat berkaitan erat dengan...

A. Kesadaran diri

B. Kepercayaan diri

C. Harga diri

D. Keyakinan diri

Jawab : A

 

CERITA REFLEKTIF

Sebagai pendidik, apa yang membuat Anda mempelajari topik ini?

Jawab : Awalnya sulit membedakan Refleksi Pembelajaran dengan Kesimpulan pembelajaran. Setelah mempelajari modul ini, saya sebagai pendidik baru memahami pentingnya Refleksi dalam pembelajaran, bukan hanya untuk peserta didik tetapi juga untuk pribadi.

 

2.     Sikap Dasar dan Lensa Refleksi

 

Kegunaan dan Sikap Dasar Refleksi

Klik video = https://youtu.be/_USu6wPmHjg

 

4 Lensa Refleksi

Klik video = https://youtu.be/usFuWc4iSno

 

Latihan Pemahaman

1. Selain diri sendiri, yang termasuk dalam 4 lensa refleksi adalah...

A. Peserta didik

B. Rekan sejawat

C. Literatur

D. Semua benar

Jawab : D

2. Pola pikir yang dapat mendukung praktik refleksi kita, kecuali...

A. Dilakukan dengan sepenuh hati

B. Jujur dengan diri sendiri

C. Harus dilakukan setiap hari

D. Rasa tanggung jawab dengan peserta didik

Jawab : C

 

CERITA REFLEKTIF

Bagaimana Anda menilai pola piki Anda selama ini dalam melakukan refleksi? Pola pikir apa yang masih perlu Anda perbaiki? (Jawablah berdasarkan 3 sikap dasar refleksi yang sudah dipelajari)

Jawab : Pola pikir yang masih perlu diperbaiki dalam melakukan refleksi adalah belum melakukan 4 lensa refleksi. Selama ini refleksi dilakukan hanya dari satu lensa saja yaitu peserta didik, namun lensa lainnya belum dapat terpenuhi dengan baik.

 

3.     Membuat Tujuan Belajar

 

Membuat Tujuan Belajar (Goal Setting)

Klik video = https://youtu.be/F3Xt0NtdZJ0

 

Modul 1: Mengapa Refleksi?

Dokumen ini merupakan rangkuman belajar Modul 'Mengapa Refleksi'. Dokumen ini tidak menggantikan video, tapi untuk memperkuat pemahaman Ibu dan Bapak Guru. Dokumen ini juga dapat diunduh di sini.

Dokumen dapat di unduh di sini

(klik 2 halaman)

 

Latihan Pemahaman

Terdapat tiga jenis tujuan yang bisa ditetapkan. Yang tidak termasuk di dalamnya adalah...

A. Tujuan Hasil

B. Tujuan Proses

C. Tujuan Kinerja

D. Tujuan Prestasi

Jawab : D

 

CERITA REFLEKTIF

Sebagai pendidik, apa hal yang ingin anda kembangkan pada diri Anda? Dari hal itu, tujuan belajar apa yang bisa Anda buat? (gunakan metode SMART dalam merumuskan tujuan Anda)

Jawab : Yang ingin saya kembangkan pada diri saya yaitu meningkatkan kompetensi diri. Kompetensi bukan hanya dilihat dari sisi profesional melainkan pedagogis.

 

Post Test

Kerjakan post test

Evaluasi pemahaman modul

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Refleksi Diri Modul 1

 

1. Tindakan berpikir tentang pemikiran diri merupakan definisi dari...

A. Refleksi diri

B. Kesadaran diri

C. Harga diri

D. Metakognisi

Jawab : D.

 

2. Menetapkan tujuan adalah bagian dari proses regulasi diri yang termasuk ke dalam fase...

A. Pemikiran awal

B. Kinerja

C. Refleksi Diri

D. Evaluasi

Jawab : A

 

3. Manfaat refleksi dalam pembelajaran bagi Pendidik adalah, kecuali...

A. Mengevaluasi proses pembelajaran yang telah dilakukan

B. Menyampaikan harapan terhadap pembelajaran yang akan dijalani

C. Memahami apa saja keperluan dan kebutuhan belajar dari peserta didik

D. Mengenali kekuatan dan kelemahan yang ada dalam diri

Jawab : D

 

4. Anda merefleksikan pendapat murid mengenai pengalaman belajar mereka di kelas. Anda melakukan refleksi dengan menggunakan lensa...

A. Lensa diri

B. Lensa pemelajar

C. Lensa rekan sejawat

D. Lensa teori/literatur

Jawab : B

 

5.Berikut pertanyaan yang benar mengenai refleksi adalah...

A. Refleksi harus dilakukan setiap hari

B. Refleksi membutuhkan pemikiran yang terbuka

C. Refleksi harus dipaksa agar konsisten

D. Refleksi harus dilakukan sendirian

Jawab : B

 

 

TOPIK Refleksi Diri

Modul 2 Memahami Pembelajar Mandiri (4 materi)

Dikembangkan oleh Tanoto Foundation.

 

1.     Mengenal Regulasi Diri 1: Fase Pemikiran Awal

 

Mengenal Regulasi Diri 1: Fase Pemikiran Awal

Klik video = https://youtu.be/8Wd_0oMHMy4

 

Mengenal Efikasi Diri

Ibu dan Bapak Guru, dokumen ini merupakan dokumen pelengkap dari video “Mengenal Regulasi Diri 1: Fase Pemikiran Awal”. Dokumen ini berisi materi tambahan untuk memperkaya pemahaman Ibu dan Bapak Guru akan isi video, khususnya tentang istilah efikasi diri dalam sub proses Motivasi Diri di Fase Pemikiran Awal. 

Setelah menyimak video tersebut, Ibu dan Bapak dapat menggunakan dokumen ini untuk:

  • Mendapatkan pengetahuan lanjutan mengenai pengertian efikasi diri.
  • Memahami faktor pembentuk efikasi diri.
  • Mengetahui strategi meningkatkan efikasi diri pemelajar.

Dokumen ini dapat di unduh di sini

 

Fase Pemikiran Awal

Dokumen ini merupakan dokumen penyerta berisi lembar kerja yang dapat memandu Ibu dan Bapak melakukan refleksi dalam membangun siklus regulasi diri dalam keseharian sebagai pendidik. Dalam dokumen ini, kita akan lebih berfokus pada Fase Pemikiran Awal dalam siklus regulasi diri. Fase pemikiran awal  merupakan proses regulasi diri sebelum melakukan kegiatan belajar.

Lampiran Fase Pemikiran Awal dapat di unduh di sini

 

Latihan Pemahaman

 Fase pertama pada model siklus proses regulasi diri oleh Zimmerman adalah...

A. Fase performa

B. Fase pemikiran awal

C. Fase refleksi diri

D. Fase observasi diri

Jawab : B

 

CERITA REFLEKTIF

Kondisi seperti apa yang biasanya membuat Anda belajar lebih optimal?

Jawab : Kondisi belajar agar optimal biasanya tergantung pada karakter seseorang. Ada yang belajar lebih optimal saat kondisi sepi agar fokus, ada juga yang dapat dengan optimal dalam segala kondisi. Saya cenderung dapat menguasai segala kondisi, apalagi jika terdapat tujuan yang harus dicapai.

 

2.     Mengenal Regulasi Diri 2: Fase Aksi

 

Mengenal Regulasi Diri 2: Fase Aksi

Klik video =  https://youtu.be/wDKVF6wCofY

 

Strategi Menjaga Fokus dan Konsentrasi pada Tugas

Ibu dan Bapak Guru, dokumen ini merupakan pelengkap dari video “Mengenal Regulasi Diri 2: Fase Aksi”. Dokumen ini berisi materi tambahan untuk memperkaya pemahaman Ibu dan Bapak Guru akan isi video. Setelah menyimak video tersebut, Ibu dan Bapak dapat menggunakan dokumen ini untuk:

· Mendapatkan pengetahuan lanjutan mengenai fokus dan konsentrasi pada tugas.

· Mengukur fokus diri secara mandiri.

Dokumen dapat di unduh di sini /broken link ?/

(klik 2 halaman)

 

Fase Aksi

Dokumen ini merupakan dokumen penyerta berisi lembar kerja yang dapat memandu Ibu dan Bapak melakukan refleksi dalam membangun siklus regulasi diri dalam keseharian sebagai pendidik. Dalam dokumen ini, kita akan lebih berfokus pada Fase Aksi dalam siklus regulasi diri. Fase aksi  merupakan proses regulasi diri saat melakukan kegiatan belajar.

Lampiran Fase Aksi dapat di unduh di sini

 

Latihan Pemahaman

Proses regulasi diri saat kegiatan belajar berlangsung disebut...

A. Fase Pemahaman Awal

B. Fase Aksi

C. Fase Observasi

D. Fase Refleksi

Jawab : B

 

CERITA REFLEKTIF

Salah satu proses regulasi diri dalam fase aksi adalah pengendalian diri. Apa hal yang biasanya membuat Anda teralihkan dari tujuan/tugas?

Jawab : Berdasarkan pengalaman saya, tidak ada hal yang mengalihkan pengendalian diri dalam fase aksi.

 

3.     Mengenal Regulasi Diri 3: Fase Refleksi Diri

 

Mengenal Regulasi Diri 3: Fase Refleksi Diri

Klik video =  https://youtu.be/SrGVCbAeYdk

 

Fase Refleksi Diri

Dokumen ini merupakan dokumen penyerta berisi lembar kerja yang dapat memandu Ibu dan Bapak melakukan refleksi dalam membangun siklus regulasi diri dalam keseharian sebagai pendidik. Dalam dokumen ini, kita akan lebih berfokus pada Fase Refleksi Diri dalam siklus regulasi diri. Fase refleksi diri  merupakan proses regulasi diri setelah melakukan kegiatan belajar.

Lampiran Fase Refleksi Diri dapat di unduh di sini

 

Latihan Pemahaman

Evaluasi diri dan atribusi kausal merupakan komponen dari sub proses...

A. Reaksi Diri

B. Penilaian Diri

C. Refleksi Diri

D. Motivasi Diri

Jawab : B

 

CERITA REFLEKTIF

Apa apresiasi yang biasa Anda berikan pada diri sendiri jika berhasil mencapai suatu tujuan?

Jawab : Cara mengapresiasi apabila tujuan telah tercapai adalah dengan tidak cepat merasa puas dengan apa yang didapatkan dan selalu meningkatkan kompetensi dan semangat terus berlatih/belajar.

 

4.     Memahami Diri

 

Memahami Diri

Klik video =  https://youtu.be/ynQxdLh2sGs

 

Modul 2: Memahami Pemelajar Mandiri

Ibu dan Bapak Guru, dokumen ini merupakan rangkuman belajar modul ‘Memahami Pemelajar Mandiri’. Dokumen ini tidak menggantikan video, tapi untuk membantu memperkuat pemahaman Ibu dan Bapak.

Lampiran Memahami Pemelajar Mandiri dapat di unduh di sini

 

Latihan Pemahaman

Mencatatkan proses yang sudah dijalani, akan membantu refleksi. Istilah lain untuk proses mencatat ini adalah...

A. Observasi

B. Refleksi

C. Dokumentasi

D. Papan visi

Jawab : C

 

CERITA REFLEKTIF

Cobalah berpikir sejenak dan identifikasi hal berikut yang berkaitan dengan sosok Anda sebagai pemelajar. - kekuatan - area yang perlu dikembangkan

Jawab : Kekuatan saya adalah pantang menyerah. Area yang perlu dikembangkan adalah pemahaman dalam lingkup luas.

 

Post Test

Kerjakan post test

Evaluasi pemahaman modul

 

1. Proses yang mengaktivasi pemikiran, perilaku, dan perasaan yang terus menerus dalam upaya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan, adalah pengertian dari…

A. Proses belajar mandiri

B. Proses evaluasi diri

C. Proses regulasi diri

D. Proses refleksi diri

Jawab : C

 

2. Pandangan pribadi atas kemampuan diri dalam melakukan atau mencapai suatu hal, disebut....

A. Kesombongan diri

B. Efikasi diri

C. Visi pribadi

D. Pengamatan diri

Jawab : B.

 

3. Mengapa seorang pemelajar mandiri didorong untuk mencoba cara lain dalam proses belajarnya?

A. Agar dapat mengetahui berapa lama waktu yang di perlukan untuk mempelajari sebuah topik.

B. Agar dapat menyesuaikan kecepatan belajar dibandingkan waktu yang tersedia.

C. Agar dapat membandingkan strategi mana yang lebih efektif untuk belajar.

D. Agar dapat mempertahankan fokus dan konsentrasi terhadap tujuan pembelajaran.

Jawab : C

 

4. Setelah melalui proses belajar mandiri, Bu Lia merasa dengan menonton video tentang suatu materi, ia lebih paham dibandingkan belajar hanya dengan membaca literatur. Hal yang dirasakan Bu Lia termasuk dalam sub proses....

A. Atribusi Kasual

B. Kepuasan Diri

C. Reaksi Adaftif

D. Reaksi Defensif

Jawab : C

 

TOPIK Refleksi Diri

Modul 3 Berpikir Reflektif/Refleksi Metakognisi  ( 1 materi)

Dikembangkan oleh Tanoto Foundation.

 

1.  Berpikir Reflektif

 

Berefleksi

Klik video =  https://youtu.be/WoxzZoq8DM8

 

Pentingnya Refleksi dalam Proses Belajar

Klik video =  https://youtu.be/SaJiMlDrUmU

 

Modul 3: Berpikir Reflektif/Refleksi Metakognisi

Ibu dan Bapak Guru, dokumen ini merupakan rangkuman belajar modul ‘Berpikir Reflektif/Refleksi Metakognisi’. Dokumen ini tidak menggantikan video, tapi untuk membantu memperkuat pemahaman Ibu dan Bapak.

Dokumen ini dapat di unduh di sini

 

Latihan Pemahaman

1. Refleksi cukup dilakukan saat sudah mendapatkan hasil.

A. Benar

B. Salah

Jawab : B

 

2. Berefleksi itu penting bagi pemelajar yang mandiri, karena...

A. Mendorong kita memiliki pengetahuan yang komprehensif

B. Mendorong kita memiliki motivasi yang tepat

C. Mendorong kita memelihara kesempatan mencapai tujuan belajar

D. Semua benar

Jawab : D

 

CERITA REFLEKTIF

Sebelumnya Anda sudah membuat tujuan belajar yang ingin Anda capai dari topik ini. Sekarang mari refleksikan, langkah apa yang sudah Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut?

Jawab : Langkah yang sudah saya lakukan adalah memperbaiki pola pikir, mengembangkan kompetensi serta melakukan pengendalian diri.

 

Post Test

Kerjakan post test

Evaluasi pemahaman modul

 

1. Refleksi sebaiknya dilakukan di akhir pembelajaran atau saat sudah mendapatkan hasil asesmen akhir murid...

A. Benar

B. Salah

Jawab : B

 

2. Hal apa yang menjadi kekurangan saya?

Pertanyaan di atas merupakan contoh praktik metakognisi/refleksi dalam ...

A. Pengetahuan yang komprehensif

B. Motivasi Intrinsik

C. Disiplin diri

D. Semua benar

Jawab : A

 

3. Urutan yang benar dalam tahapan 3R adalah...

A. rehat-rencana-refleksi

B. rehat-refleksi-rencana

C. refleksi-rencana-rehat

D. rencana-refleksi-rehat

Jawab : B

 

TOPIK Refleksi Diri

Modul 4 Praktik Refleksi  (2 materi)

Dikembangkan oleh Tanoto Foundation.

 

1.     Memulai Refleksi

Memulai Refleksi

Klik video =  https://youtu.be/6j3J3Z4gdG0

 

Tips Refleksi

Klik video =  https://youtu.be/XL-hBWpOIgk

 

Tips Refleksi

Salah satu tips yang dapat membantu kegiatan refleksi kita menjadi kebiasaan yang menyenangkan untuk dilakukan ialah Tulislah atau Rekamlah catatan refleksi pada sebuah catatan atau jurnal khusus. Yakinlah Ibu dan Bapak, apa yang kita tulis dalam kegiatan refleksi akan menjadi catatan yang berguna untuk memperbaiki diri dan kualitas pembelajaran kita di kelas.

Dokumen Tips Refleksi dapat di unduh di sini

 

Latihan Pemahaman

1. Kapan proses refleksi dapat dilakukan?

A. Saat kita gagal mencapai suatu target

B. Saat kita ingin mengevaluasi suatu proses

C. Saat kita berhasil mencapi suatu target

D. Setiap saat

Jawab : D

 

2. Tips 6-lah agar membuat kegiatan refleksi yang menyenangkan adalah...

A. Berkomitmenlah-bercerminlah-tulislah-rekamlah-carilah teman-rayakanlah

B. Berkomitmenlah-berdialoglah-tulislah-rekamlah-carilah teman-rayakanlah

C. Berkomitmenlah-bercerminlah-tulislah-rekamlah-carilah teman-berdoalah

D. Berkomitmenlah-berdialoglah-perbaikilah-rekamlah-carilah teman-rayakanlah

Jawab : A

 

CERITA REFLEKTIF

Selama ini, apa yang biasanya menghambat Anda memulai refleksi? Lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk melakukan refleksi dengan konsisten?

Jawab : Tidak ada hal yang menghambat dalam melakukan refleksi.

 

2.     Model Refleksi

 

Model Refleksi: Awal-Tengah-Akhir Pembelajaran

Klik video =  https://youtu.be/P8Ql8VrBa2E

 

Model Refleksi: Situasi-Makna-Aksi

Klik video =  https://youtu.be/P03V0DGHlnU

 

Lembar Kerja Model Refleksi

Ibu dan Bapak Guru, ada banyak ragam model yang bisa digunakan untuk melakukan refleksi. Semua model ini berperan sebagai pemandu agar proses refleksi bisa dilakukan secara optimal. Dokumen ini merupakan dokumen penyerta berisi lembar kerja yang dapat memandu Ibu dan Bapak melakukan refleksi dalam 2 ragam model.

Berikut lembar kerja model refleksi

Dokumen Lembar Kerja Model Refleksi dapat di unduh di sin

 

Modul 4 : Praktik Berefleksi

Ibu dan Bapak Guru, dokumen ini merupakan rangkuman belajar modul ‘Praktik Refleksi’. Dokumen ini tidak menggantikan video, tapi untuk membantu memperkuat pemahaman Ibu dan Bapak. Jadi kami tetap merekomendasikan Ibu dan Bapak untuk menyimak video dan menggunakan dokumen ini.

Modul Praktik Berefleksi dapat di unduh di sini

 

Latihan Pemahaman

1. Tahap apa yang pertama kali dilakukan saat mempraktikkan model refleksi Awal-Tengah-Akhir Pembelajaran?

A. Menjawab pertanyaan-pertanyaan sebelum dilakukan pembelajaran

B. Menjawab pertanyaan-pertanyaan selama proses pembelajaran

C. Menjawab pertanyaan-pertanyaan sesudah proses pembelajaran.

D. Menjawab pertanyaan-pertanyaan sesudah membuat laporan.

Jawab : A

 

2. Tahap apa yang pertama kali dilakukan saat mempraktikkan model refleksi Situasi-Makna-Aksi?

A. Menggambarkan situasi atau permasalahan yang terjadi

B. Memaknai dan mengambil pelajaran dari suatu peristiwa

C. Melibatkan lingkungan untuk menemukan solusi bersama

D. Merancang langkah aksi untuk menyelesaikan masalah

Jawab : A

 

CERITA REFLEKTIF

Dari 2 model refleksi yang dipelajari, model mana yang Anda mau coba gunakan? Mengapa?

Jawab : Model yang akan saya coba adalah model refleksi Awal-Tengah-Akhir Pembelajaran, karena refleksi dilakukan selama proses pembelajaran.

 

Post Test

Kerjakan post test

Evaluasi pemahaman modul

 

1. Pak Amin Badru,  seorang guru SMK, merasa kesulitan menghadapi sebuah kelas. Setiap Pak Amin masuk ke kelas, peserta didik mengobrol dengan riuh dan tidak ada yang memperhatikan pelajaran. Apa tindakan yang harus diambil Pak Amin untuk mengatasi kondisi tersebut?

A. Melaporkan kondisi kelas pada kepala sekolah unutk segera menindak tegas peserta didik yang tidak menghormati guru

B. Keluar dari kelas lalu meminta guru lain menggantikan tugas Pak Amin agar pembelajaran bisa kembali berlangsung

C. Melakukan refleksi dengan memetakan situasi, mencari tahu apa yang perlu dilakukan, lalu melakukan aksi.

D. Menghubungi orang tua lalu mendiskusikan permasalahn yang terjadi dikelas dan mencari solusi bersam-sama.

Jawab : C.

 

2. Berikut yang bukan manfaat melakukan refleksi di tengah pembelajaran adalah?

A. Melihat repon peserta didik terhadap pelaksanaan kegiatan belajar yang sudah dipersiapkan guru.

B. Memeriksa sejauh mana pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran

C. Memeriksa finalisasi kesiapan perangkat pembelajaran

D. Melakukan penyesuaian saat kegiatan pembelajaran masih berlangsung berdasarkan respon peserta didik

Jawab : C.

 

3. Perhatikan cerita di bawah ini!

Ibu Rita termasuk guru yang rajin membuat kegiatan refleksi diri dengan meminta umpan balik dari teman sejawatnya. Bahkan ia meminta temannya tersebut untuk melihat rekaman pembelajarannya. Dengan hal ini Bu Rita selalu merasa bahwa kegiatan refleksi itu menyenangkan karena ia dibantu oleh teman-temannya.

Dari ilustrasi cerita di atas, tips refleksi yang sudah dijalankan oleh Bu Rita adalah...

A. Rayakanlah

B. Carilah teman

C. Rekamlah

D. Bercerminlah

Jawab : B

 

2. Saat melakukan refleksi, sebaiknya kita berjarak dari keriuhan situasi, agar...

A. tidak ketahuan orang lain

B. bisa lebih tanang dan jujur saat berdialog dengan diri

C. bisa berkosentrasi

D. prosesnya lebih lancar

Jawab : B.

 

Aksi Nyata = 4 pilihan Aksi Nyata

Untuk Topik: Refleksi Diri

2.        Praktik Model Refleksi Situasi-Makna-Aksi

3.        Praktik Model Refleksi Awal-Tengah-Akhir Pembelajaran

4.        Melatih Regulasi Diri

5.        Membuat Buku Harian Refleksi

 

 


 

Pelatihan Mandiri

Merdeka Belajar

Merdeka Belajar

Seri Pelatihan

Kumpulan topik-topik berkaitan yang sudah dikelompokkan ke dalam satu tema pembelajaran

1.     Menciptakan Kelas Merdeka Belajar 3 Topik

Figure Illustration

2.     Merencanakan Pembelajaran yang Bermakna 5 Topik

Figure Illustration

3.     Meningkatkan Praktik Mengajar yang Berpusat pada Peserta Didik 4 Topik

Figure Illustration

Webinar

Berbagi Tips Lulus Validasi Aksi Nyata Pelatihan Mandiri

Waluyo Agus Widodo, S.Pd.SD, Kiki Nurul Aisyi, S.Pd, Kasmiyana Sulistiowati S.Pd.Mat., M.Pd., Mega Safira

21 DES +1

18:30 - 20:00 WIB

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar